SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pencinta astronomi bakal disuguhi pemandangan indah di langit hari ini, Senin (10/6/2019). Planet terbesar dalam tata surya, Jupiter, berada dalam posisi terdekat dengan Bumi. Jadi, planet ini bisa dilihat dengan jelas.

Bukan hanya keindahan planet kelima dalam urutan tata surya yang bisa dinikmati, keempat satelitnya pun dapat dilihat dengan jelas. Keempat satelit tersebut adalah, Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), keindahan Jupiter yang menakjubkan bisa dilihat dengan bekal teropong binokular saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Planet terbesar di sistem tata surya ini akan terlihat seperti permata indah dan terang, meski dilihat dengan mata telanjang. Tapi, keindahannya akan lebih fantastis jika dilihat dengan teropong atau teleskop kecil,” demikian keterangan NASA seperti dikutip dari The Guardian, Senin (10/6/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Dekatnya jarak Jupiter dengan Bumi merupakan fenomena tahunan yang disebut oposisi. Dalam posisi ini, Jupiter, Bumi, dan matahari berada di satu garis lurus. Selama oposisi, Jupiter akan terlihat terang saat matahari terbenam hingga terbit kembali.

Jangan khawatir jika langit pada malam ini berawan. Keindahan Jupiter bakal terlihat hingga beberapa pekan ke depan. Jika tahun ini tidak sempat melihat, maka kesempatan fenomena oposisi berikutnya diperkirakan terjadi pada Juli 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya