SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2019 pada Kamis (17/1/2019) malam ini.

Debat capres dan cawapres akan disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun televisi dan radio, yaitu TVRI, RTV, Kompas TV, dan juga RRI. Debat yang akan diikuti oleh pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin, dan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Antara, debat perdana kali ini mengambil tema Hukum, Korupsi, Hak Asasi Manusia dan Terorisme, dengan panelis Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Margarito Kamis. Debat akan dipandu oleh moderator penyiar Ira Kusno dan Imam Prayitno.

Debat ini merupakan satu dari lima rangkaian debat yang akan dilaksanakan sesuai dengan amanat UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu. Dalam UU Pemilu tersebut juga diamanatkan agar debat disiarkan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

Debat calon presiden dan wakil presiden dimulai sejak pemilu presiden secara langsung dilaksanakan.

Pemilu presiden secara langsung baru diterapkan pada 2004, di era Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Debat kali ini merupakan tanding ulang Jokowi dan Prabowo yang pernah berkompetisi pada Pemilu Presiden 2014, meskipun kini dengan pasangan calon wakil presiden yang berbeda.

Pada 2014 pasangan calon wakil presiden dari Jokowi adalah M Jusuf Kalla, pada 2019 Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin. Sedangkan Prabowo pada 2019 ini menggandeng Sandiaga Uno, setelah sebelumnya pada 2014 lalu berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya