SOLOPOS.COM - Malala Yousafzai

Solopos.com, BRUSSELS--Malala Yousafzai, 16, yang tahun lalu kepalanya ditembak Taliban karena memperjuangkan hak-hak anak perempuan, memperoleh Penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) Uni Eropa pada Kamis, mengalahkan buron intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden.

Sakharov Prize untuk kebebasan berpikir diberikan oleh Parlemen Eropa setiap tahun sejak tahun 1988 untuk memperingati ilmuwan dan pembangkang Soviet, Andrei Sakharov.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yousafzai, yang diserang oleh sekelompok orang bersenjata yang menembaki bus sekolahnya di Pakistan baratlaut, terpilih sebagai pemenang melalui pemungutan suara di antara pimpinan semua kelompok politik di parlemen yang beranggotakan 750 orang.

Sementara Snowden telah dinominasikan oleh kelompok Green di parlemen untuk apa yang disebut sebagai “layanan besar” bagi hak asasi manusia dan rakyat Eropa ketika ia mengungkapkan program rahasia pengawasan Amerika Serikat.

Pemenang penghargaan itu pada masa lalu antara lain Nelson Mandela dan aktivis Myanmar Aung San Suu Kyi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya