Mal dan Pusat Perbelanjaan Solo Segera Dibuka? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan jawabannya mengenai kapan mal dan pusat perbelanjaan Kota Bengawan bakal dibuka kembali.

 Kondisi toko Matahari Department Store (MDS) yang tutup di Solo Grand Mall (SGM), Selasa (27/7/2021).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

SOLOPOS.COM - Kondisi toko Matahari Department Store (MDS) yang tutup di Solo Grand Mall (SGM), Selasa (27/7/2021).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan belum bisa memastikan kapan mal dan pusat perbelanjaan Kota Bengawan akan dibuka kembali secara penuh. Ia menyebut kemungkinan mal dibuka apabila kasus Covid-19 melandai.

Saat ini ia masih ingin menggunakan Surat Edaran (SE) PPKM Level 4 periode pekan sebelumnya alias belum ada aturan baru. Mengenai permintaan mal buka itu Gibran menyebut belum dibahas lebih lanjut karena masih menunggu Instruksi Menteri. Keputusannya bakal tertuang dalam SE yang diterbitkan pada Selasa (3/8/2021).

“Masih mengacu yang lama tapi ada beberapa pelonggaran, menunggu Inmennya dulu. Misalnya, soal pernikahan. Kalau soal mal, belum kami bahas karena menunggu Inmen. Kalau aturannya di Inmen tidak ada, mau bagaimana? Nunggu dulu ta. Santai, santai, sesuai yang lama dulu saja,” katanya kepada wartawan seusai rapat PPKM Level 4 di Ruang Manganti Praja Kompleks Balai Kota Solo, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Kabar Duka, Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Dunia

Gibran mengatakan setiap kebijakan berlaku sistem gas rem termasuk soal kapan mal dan pusat perbelanjaan di Kota Solo akan dibuka. Apabila kasus sudah terkendali, landai, dan menurun, perekonomian bakal digas lagi.

Namun ia meminta saat ada pelonggaran, protokol kesehatan tidak ikut dilonggarkan, tetapi diketatkan. “Mungkin nanti ada beberapa tempat yang masuknya harus pakai kartu vaksin,” tegasnya.

Tempat Karaoke Kena Sanksi Penutupan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan berdasarkan evaluasi PPKM, terdapat satu usaha karaoke yang ditutup lantaran nekat buka. Padahal aturannya tempat karaoke dilarang beroperasi selama PPKM Level 4.

Baca Juga: PPNI Solo: Dyah Ayu Jadi Perawat Ke-11 yang Meninggal Positif Corona

Tempat karaoke itu kemudian ditutup total tujuh hari. “Kemudian terjadi peningkatan pelanggaran terkait makan di tempat karena kesulitan memantau. Utamanya pembatasan makan di tempat selama 20 menit,” katanya.

Soal rencana pelonggaran penyelenggaraan pernikahan, ia menyebut terjadi penumpukan saat hanya terbatas di Kantor Urusan Agama (KUA) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Rencananya, tempat ibadah boleh digunakan karena saat ini sudah mulai buka. Maksimal dibatasi 10 orang di rumah ibadah, KUA, dan Dispendukcapil.


Berita Terkait

Berita Terkini

5 Komoditas Pertanian Ini Jadi Andalan Ekspor Sukoharjo Lho, Apa Saja?

Lima komoditas pertanian menjadi andalan Kabupaten Sukoharjo di pasar internasional atau ekspor ke sejumlah negara di Asia dan Eropa.

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.