SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun me-launching logo Madiun Kampung Pesilat, Senin (22/10/2018). Peluncuran logo Madiun Kampung Pesilat tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menguatkan pencak silat sebagai ikon Kabupaten Madiun.

Logo Madiun Kampung Pesilat itu nantinya menjadi logo resmi yang digunakan Pemkab Madiun dalam menggelar berbagai kegiatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Logo ini merupakan karya Viki Harjana, warga Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Viki berhasil memenangi kompetisi pembuatan logo Madiun Kampung Pesilat yang diselenggarakan Pemkab Madiun.

Logo Madiun Kampung Pesilat ini berupa sesosok pesilat yang sedang melakukan kuda-kuda. Lantas, apa makna dan filosofi logo tersebut?

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan ada makna yang terkandung dalam logo pesilat ini. Logo ini juga untuk menyatukan berbagai perguruan silat yang ada di Madiun yang jumlahnya sekitar 14 perguruan.

Dia menjelaskan warna hijau pada ikat kepala di logo itu menggambarkan masyarakat Madiun atau pesilat yang berakhlak mulia. Posisi tangan ke atas dan ke bawah melambangkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

Kain batik yang dikenakan melambangkan semangat melestarikan budaya dan kearifan lokal. Posisi kuda-kuda melambangkan kemandirian. Dan warna warni logo melambangkan keberagaman masyarakat Madiun.

“Logo ini merupakan simbol. Representasi bersatunya perguruan silat di Madiun. Mereka sepakat pada satu logo. Tekatnya dan tujuannya sama,” kata Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami.

Viki Harjana yang karyanya memenangi kompetisi ini mengaku tidak menyangka karyanya bisa menang dan akan menjadi logo resmi Madiun Kampung Pesilat. Dia mengaku karyanya itu terinspirasi dari para pesilat yang kerap berlatih.

“Saya mengetahui pengumuman lomba ini di Instagram. Saya tertarik dan kemudian membuat logo ini. Saya membuatnya hanya sehari,” kata dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya