SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Wilayah Indonesia mengalami peningkatan jumlah gempa pada Juli 2019, yakni sebanyak 841 kali. Sedangkan pada bulan sebelumnya terjadi 735 kali guncangan gempa.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), secara umum jumlah gempa pada Juli 2019 lebih banyak didominasi terjadi di wilayah Timur Indonesia.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Kabid Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan aktivitas pergerakan lempeng bumi tersebut didominasi oleh gempa kecil yaitu kurang dari 5,0 skala richter sebanyak 789 kali.

“Adapun aktivitas gempa signifikan di atas 5,0 skala richter terjadi sebanyak 52 kali. Angka ini meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 35 kali,” katanya saat konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Rabu (31/7/2019).

Dari total gempa tersebut, menurutnya 84 gempa di antaranya dirasakan oleh masyarakat. Berdasarkan perhitungan badan itu, jumlah gempa yang dirasakan juga mengalami kenaikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 65 kali.

“Kalau alasan meningkatnya gempa, saya tidak punya alasan. Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya gempa,” jelasnya

Di sisi lain selama Juli, setidaknya terdapat 4 kali gempa yang menyebabkan kerusakan di sejumlah wilayah. Gempa tersebut berlangsung sejak awal hingga pertengahan Juli.

Dia merinci gempa pertama terjadi di Maluku Utara berkakuatan 7,1 skala richter pada (7/7/2019). Guncangan ini menyebabkan beberapa rumah rusak ringan di Sulawesi Utara. Setelah itu pada (13/7/2019), gempa mengguncang Sumbawa dengan maknitudo mencapai 5,5 skala richter.

Beberapa pura dan rumah warga dan pura disebut rusak ringan di Sumbawa akibat bencana alam ini. Hal serupa juga terjadi di Halmahera Selatan pada (14/7/2019). Pergerakan lempeng bumi berkekuatan 7,2 skala richter itu menyebabkan 13 orang meninggal, 44.063 pengungsi, dan 2.473 rumah rusak.

Terakhir, gampa sempat merusak beberapa rumah warga di Bali setelah wilayah itu diterjang gempa 6,0 skala richter. Sejumlah rumah dilaporkan rusak. Gempa ini merusak bangunan di Tuban, Badung dan Denpasar,,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya