Makin Asyik! Wisata Susur Sungai Serayu Tambah 2 Kapal Angsamas

Pemerintah Kabupaten Banyumas menambah fasilitas berupa dua kapal Angsamas untuk wisata susur sungai di Sungai Serayu.

 Penampakan kapal wisata di Sungai Serayu. (Instagram @humas_pemkab_banyumas)

SOLOPOS.COM - Penampakan kapal wisata di Sungai Serayu. (Instagram @humas_pemkab_banyumas)

Solopos.com, BANYUMAS — Wisata susur Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), akan menambah layanan dengan dua unit kapal Angkutan Serayu Banyumas (Angsamas). Kapal ini disediakan untuk melayani wisatawan yang ingin menikmati wisata susur sungai.

“Dua kapal Angsamas tersebut milik Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS). Rencana mulai beroperasi pada 16 Januari,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Agus Nur Hadie, dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

PromosiPelajaran Penting dari Keruntuhan Sang Raksasa Seluler Nokia

Dari dua kapal baru tersebut, kata dia, satu kapal menggunakan mesin tempel berkapasitas 40 PK dan mampu membawa 14 penumpang. Sedangkan satu kapal lainnya menggunakan mesin tempel berkapasitas 50 PK dan mampu membawa 15 penumpang.

Baca juga: 40.000 Benih Ikan Baceman Ditebar di Sungai Serayu, Ini Tujuannya…

Pihaknya terus berupaya agar Angsamas menjadi ajang pemberdayaan masyarakat dengan harapan perekonomian masyarakat bisa bangkit dan berkembang. “Dengan hadirnya dua kapal milik PMPS, berarti hingga saat ini sudah ada tiga kapal yang melayani angkutan di Sungai Serayu. Satu kapal lainnya milik BUMDes Papringan,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Taryono, mengatakan pihaknya masih terus melakukan pembinaan terhadap Angsamas. Ia mengakui jika beberapa waktu lalu telah dilakukan uji coba Angsamas oleh Bupati Banyumas, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Akhir Desember kemarin, kami sudah melaksanakan pelatihan dan pembekalan keselamatan awak perahu bagi paguyuban di Papringan maupun Tambaknegara. Alhamdulillah setelah kami berkomunikasi dengan PMPS, prinsipnya ada keinginan melanjutkan rencana terdahulu,” katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas juga telah menyiapkan anggaran mencapai Rp1,1 miliar untuk pengembangan kolam labuh di Halte Tambaknegara sebagai tempat penyimpanan kapal. Bahkan, kata dia, Pemkab Banyumas juga berencana untuk melakukan Kapal Katamaran.

Baca juga: 5 Wisata Religi di Banyumas, Makam di Baturaden sampai Batu Guling

Sementara itu, Ketua PMPS, Eddy Wahono, mengatakan pihaknya ke depan juga menyiapkan satu kapal lagi yang lebih besar dengan kapasitas 40 penumpang serta speed boat berkapasitas empat penumpang. Menurut dia, kapal berkapasitas 40 penumpang tersebut merupakan kapal dengan dek ganda (double deck) serta dilengkapi toilet dan dapur.

“Kami masih melakukan persiapan, dengan memasang atap dan memasang nomor lambung kapal, penyiapan life jacket, dan sebagainya. Kami juga berencana memasang panel surya agar kapal bisa berlayar atau susur sungai malam hari,” katanya.

 

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Andika Perkasa Muncul dalam Bursa Capres NasDem

Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Rahmat Gobel masuk dalam bursa capres Partai NasDem.

Profil Ketua MK Anwar Usman, Adik Ipar Baru Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Jokowi setelah menikahi Idayati di Solo, Kamis (26/5/2022).

Memprihatinkan, Belum Banyak Mahasiswa Hukum Baca Putusan Peradilan

Cukup memprihatinkan, mahasiswa Fakultas Hukum saat ini tidak tertarik untuk membaca putusan-putusan hukum semisal putusan MK terkait dengan persoalan KPK.

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Temui Presiden dalam GPDRR di Bali, Save The Children Suarakan Aspirasi

Presiden Joko Widodo menyambangi Rumah Resiliensi Indonesia (RRI) sebagai bagian dari Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Main Film, Ini Judulnya

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman yang menikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata pernah bermain film. Apa judulnya?

Kembalinya Sentralisasi

Penunjukan dan pengangkatan para penjabat kepala daerah pada 2022 dan 2023 dengan masa jabatan setahun hingga lebih dari dua tahun sama saja dengan mengembalikan sentralisasi pemerintahan.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Jadi Guru Honorer

Nikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, ternyata pernah menjadi guru honorer.

Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Ini dia biodata atau profil dari Anwar Usman, Ketua MK yang menikahi adik Jokowi, Idayati hari ini, Kamis, 26 Mei 2022.

Dinilai Berhasil Kendalikan Covid-19, Indonesia Dapat Pujian dari PBB

Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji Indonesia yang dinilai berhasil mengendalikan Covid-19 sehingga perhelatan forum Platform Global Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022.

Kisah Nokia yang Hilang dan DPD yang Merasa Dibedakan

Saat Apple membukukan keuntungan US$123,9 miliar atau setara Rp1,779 triliun per Desember 2021, Nokia justru mulai dilupakan.

Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1889 Menara Eiffel Dinaiki Pengunjung

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 26 Mei.

Ada Beasiswa S2 di China dari Luhut dan LPDP, Begini Persyaratannya

Untuk teknis pelaksanaan program beasiswa tersebut, Menteri Luhut bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).