Tutup Iklan
Makanan Sejuta Umat, Ini Deretan Presiden Penyuka Nasi Goreng
Ilustrasi nasi goreng (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia hingga tak salah bila menyebutnya sebagai makanan sejuta umat. Masyarakat umum hingga presiden pun banyak yang suka nasi goreng.

Nikmatnya nasi goreng memang kerap digunakan di dunia politik Tanah Air. Tak hanya itu, nasi goreng kadang menjadi jamuan untuk para pejabat negara seperti menteri hingga duta besar negara sahabat.

Berikut sejumlah pejabat tinggi yang suka menyantap nasi goreng sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Soekarno

Presiden pertama Indonesia ini juga sangat menyukai nasi goreng. Suatu ketika Duta Besar AS untuk Indonesia, Howards Jones mengunjungi Soekarno di Istana Bogor.

Hey, Netizen! Ortu Pramugari Cantik yang Buka Warkop di Klaten Lagi Cari Mantu Hlo!

Istri Soekarno Hartini selalu menjamu dengan memasak menu andalan berupa nasi?goreng yang terkenal enak dan sangat disukai Howard Jones maupun Bung?Karno.

Nasi goreng ini akhirnya turun temurun hingga ada nasi goreng ala Megawati. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan resep nasi goreng awalnya ditemukan Megawati saat Bung Karno, ingin menjamu makan sejumlah pendemo.

Bung Karno lalu meminta Megawati memasak, dan muncullah nasi goreng Megawati.

Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDIP ini juga dikenal sebagai penggemar nasi goreng. Tokoh-tokoh yang bertamu di kediamannya di Jakarta kerap dijamu nasi goreng ala Mega. Begitu pula Prabowo yang bertemu dengan Mega, 24 Juli 2019.

"Terima kasih nasi gorengnya Bu. Kami menunggu Ibu jalan-jalan ke Hambalang," kata Prabowo.

Cek Fakta: Triliunan Manusia Panjat Dinding Gedung DPR dan Monas?

Menurut Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, nasi goreng buatan Presiden ke-5 ini juga digemari Presiden Gus Dur. Dalam salah satu acara kampanye di Banten, beberapa waktu lalu, Hasto Kristiyanto, membocorkan resep rahasia nasi goreng Megawati ini.

Tak sekadar diaduk, konon nasi goreng kegemaran Soekarno ini memakai 3 tahapan dalam proses pembuatannya.

Joko Widodo

Presiden Jokowi termasuk penggemar nasi goreng. Bahkan, dalam rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jokowi mengundang pedagang nasi goreng di depan RS Salak.

Seorang pedagang nasi goreng, Rohman menambahkan Jokowi sering memesan nasi goreng maupun mi kepadanya. Namun, makanan untuk Jokowi dan keluarga dipesankan oleh staf Istana Kepresidenan Bogor.

Ramalan Virus 2020 Tepat, Dukun Cilik Ini Prediksi Bencana Setelah Pandemi

"Sebenarnya Pak Jokowi dan anak-anaknya sering pesan, tapi disuruh orang lain," ujarnya.

Di Solo, warung makan Bakmi Pak Dul juga menjadi langganan Jokowi dan keluarga. Warung makan ini tidak hanya menyediakan bakmi goreng atau godok, namun juga nasi goreng. Namun, di warung ini Jokowi selalu memesan bakmi godok kesukaannya.

Barack Obama

Mantan Presiden AS Barack Obama pernah tinggal dan mengenyam pendidikan di Indonesia, khususnya Jakarta. Beberapa tahun, masa kecilnya dihabiskan di Jakarta sehingga dia mengenal nasi goreng.

Bakso, nasi goreng, hingga satai menjadi makanan yang terus diingat Obama. Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono pernah bercerita saat menjamu Obama dengan menu nasi goreng.

Meski awalnya berdebat dengan pasukan keamanan presiden AS, akhirnya dibolehkan menghidangkan nasi goreng ke Obama.

Jerinx Cari Dokter Indra Yovi, Pengin Masuk Ruang Isolasi Covid-19 Tanpa APD

Usai dites bersama oleh pasukan pengamanan presiden AS dan Indonesia, nasi goreng hadiah SBY bisa diberikan ke Obama.

”Dia [Obama] kaget, ada nasi goreng. Dalam waktu sebentar ludes. Kalau presiden adidaya saja suka nasi goreng. Banyak orang di luar negeri yang suka nasi goreng dan kuliner lainnya," sebut SBY.

Gus Dur

Presiden keempat ini disebut juga suka dengan nasi goreng. Megawati pernah bercerita tentang Gus Dur yang datang ke rumahnya minta dibuatkan nasi goreng.

Sebagaimana dikutip dari nu.or.id, Megawati saat hadir dalam Halaqah Nasional Alim Ulama dan Deklarasi Majelis Dzikir Hubbul Wathon di Jakarta, 13 Juli 2017, menceritakan kedekatannya dengan Gus Dur.

Tak Dapat Rekomendasi di Pilkada Solo, Purnomo Cukur Kumis dan Berewok, Ini Alasannya

”Gus Dur telepon. 'Mba, lagi opo', 'di rumah mas'. 'Bikinkan saya nasi goreng ya, saya sudah di depan pintu rumah'," ujar Megawati diikuti tawa hadirin.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho