SOLOPOS.COM - Makanan bergizi setelah menerima vaksin Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Setelah menerima vaksinasi Covid-19, sebaiknya makanlah makanan bergizi untuk membantu tubuh membangun antibodi dan imunitas tubuh. Nah, Anda perlu mengetahui daftar makanan sehat setelah disuntik vaksin Covid-19.

Sebab, ada sejumlah makanan yang memang terbukti membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh setelah menerima vaksin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Meski efeknya tidak langsung mengarah ke vaksin (membantu meningkatkan ataupun mengurangi efektivitas), kita memang mengusahakan agar tubuh tetap sehat. Ketika tubuh sehat dan imunitas baik karena asupan nutrisi, kinerja vaksin pun semakin efektif,” papar dokter Sara Elise Wijono seperti mengutip Klikdokter.com.

Ada sejumlah makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setelah menerima vaksin, berikut ini daftarnya seperti mengutip laman Klikdokter.com, Sabtu (26/6/2021):

Ekspedisi Mudik 2024

1. Aneka buah dan sayur

Buah dan sayuran kaya nutrisi dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik. Asupan yang satu ini kaya vitamin C dan mampu membantu produktivitas sel darah putih. Aneka sitrus bahkan paprika bisa Anda makan setelah divaksinasi.

Baca Juga: Kenali Penyebab Pasien Covid-19 Kabur Saat Isolasi Mandiri

Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya. Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel lalu berujung pada stres oksidatif. Kalau sudah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

2. Kacang-kacangan

Kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga cocok dijadikan makanan setelah menerima vaksin.

Bonusnya lagi, makanan ini akan memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi (peradangan). Kacang sehat yang direkomendasikan yaitu almon, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

3. Ikan berlemak sehat

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya omega-3, yakni lemak yang menyehatkan jantung dan mengurangi peradangan tubuh. Nutrisi tersebut akan menurunkan tekanan darah dan penyumbatan arteri.

Bonusnya lagi, omega-3 juga membantu mengelola penyakit autoimun, misalnya lupus dan rheumatoid arthritis.

4. Sup ayam

Makanan sehat lainnya yang bisa disantap setelah menerima vaksin Covid-19 yaitu sup ayam. Hidangan ini menyediakan protein tinggi yang membantu memperkuat antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kecepatan Transmisi Varian Delta Jadi Perhatian Dunia

Bahan pelengkap di dalam sup ayam yaitu wortel, bawang, dan seledri membantu memasok mineral seperti kalium dan zat besi, serta sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan.

Kaldu di dalam sup ayam juga mampu menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan.

5. Air putih

Ilustrasi minum air putih. (Freepik)
Ilustrasi minum air putih. (Freepik)

Hidrasi dengan banyak minum air putih juga sangat diperlukan. Air memastikan tubuh dapat melawan sel-sel asing dan penyakit. Pasalnya, ketika seseorang sakit, tanpa sadar tubuhnya kehilangan banyak cairan.

CDC pun merekomendasikan minum banyak air setelah menerima suntikan vaksin coronavirus. Karena, air menambah oksigen ke darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

6. Tiram

Tiram kaya akan zinc yang merupakan mineral penghilang patogen dari tubuh dan meningkatkan produksi protein untuk melawan infeksi virus.

Itulah mengapa tiram menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika Anda membutuhkan gizi ekstra.

7. Makanan lain yang sifatnya antiinflamasi

Kunyit ialah salah satu bumbu dapur dengan sifat antiinflamasi yang kuat sehingga cocok dijadikan makanan setelah menerima vaksin. Bahan tersebut baik untuk dimasukkan ke dalam makanan ataupun minuman herbal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya