SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri, masyarakat diminta mencermati makanan yang diperjualbelikan di pasaran. Pasalnya bulan-bulan ini rawan dimanfaatkan untuk menjual makanan kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Sleman, Pranowo menjelaskan, setiap menjelang hari raya selalu ditemukan makanan kedaluwarsa. “Untuk itu masyarakat diminta mencermati makanan yang dibeli di pasar maupun toko modern,” katanya, Senin (11/7).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dalam waktu dekat ini pihaknya baru akan melakukan sosialisasi untuk pedagang di pasar tradisional dan modern. Menurut dia, dari pengalaman tahun lalu, pasti ditemukan makanan kedaluwarsa, bahkan di koperasi yang bergerak dalam bidang perdagangan.

“Jelang hari raya ini sering jadi kesempatan jual makanan kedaluwarsa,” imbuhnya.

Faktor yang mempengaruhi, kata dia, salah satunya adalah pemasok yang kadang sengaja menyalurkan makanan tersebut. Di sisi lain, perilaku pedagang yang tidak sadar terhadap barang stok lama juga bisa terjadi.(Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya