SOLOPOS.COM - Ada sejumlah makanan bisa perkuat imunitas usia 40 tahun ke atas (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Memperkuat imunitas terutama bagi usia 40 tahun ke atas sangatlah penting apalagi di masa pandemi Covid-19. Selain lewat olahraga, cara lain memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan apa sajakah yang bisa mendongkrak imunitas usia 40 tahun ke atas?  Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini ya. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, makanan ini juga cocok bagi Anda yang tengah menjalankan diet atau menjalankan pola hidup sehat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Makanan yang dikonsumsi memainkan aspek penting dalam menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Untuk pria dan wanita di atas 40 tahun, sistem imunitas tubuh cenderung melemah seiring bertambahnya usia. Dan penelitian menunjukkan bahwa komunitas medis masih mencoba untuk menentukan dengan tepat bagaimana dan mengapa kekebalan menurun seiring bertambahnya usia .

Melansir dari boldsky dan laman Bisnis.com, Kamis (29/4/2021), berikut makanan yang meningkatkan kekebalan untuk pria dan wanita di atas 40 tahun :

1.Bayam

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam merupakan tambahan yang baik untuk diet. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang membuat sayuran berdaun hijau tersebut harus ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bayam banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama untuk usia 40 tahun ke atas.

2. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan melindungi usus Anda. Studi menunjukkan bahwa satu cangkir brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan karena kandungan beta-karotennya yang kaya. Selain itu, keberadaan mineral seperti zinc dan selenium juga membantu.

3. Jeruk

Ilustrasi buah jeruk
Ilustrasi buah jeruk (Freepik)

Buah-buahan dengan rasa tajam seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon merupakan sumber vitamin C yang kaya. Bila dikonsumsi secara teratur dan terkontrol, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

4. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. Telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama jika berusia di atas 40 tahun.

5. Minyak ikan

Ikan seperti salmon dan trout mengandung lemak sehat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemak sehat itu juga mendukung kesehatan otak, jantung, dan persendian, terutama bagi wanita di atas 40 tahun.

6. Biji chia

Sarat dengan antioksidan dan berbagai nutrisi, biji chia memiliki kemampuan unik untuk menyerap cairan dan memiliki konsistensi seperti agar-agar. Mereka menyediakan serat, protein, lemak sehat dan mikronutrien dalam jumlah yang baik. Biji chia kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit kekebalan pencernaan seperti penyakit celiac. Yoghurt penuh dengan probiotik atau bakteri baik yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan yang bagus untuk orang dewasa yang lebih tua

8. Ghee

Meskipun mungkin terdengar mengejutkan bagi sebagian orang, konsumsi ghee India yang terkontrol telah terbukti membantu membangun sistem kekebalan yang kuat, bahkan untuk orang di atas usia 40. Dikenal sebagai anti bakteri, anti jamur dan antioksidan bagi tubuh, ghee membantu mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya