SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (thinkstock)

ILUSTRASI (thinkstock)

Tubuh membutuhkan lebih dari banyak nutrisi untuk dapat berfungsi dengan baik. Ketika membicarakan makanan yang berwarna hijau tentunya akan identik dengan sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan dan sayuran telah banyak diketahui dapat menyehatkan badan dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, apakah kira-kira makanan-makanan yang berwarna hijau apa saja yang sangat baikuntuk kesehatan? Berikut delapan makanan hijau yang terbaik untuk kesehatan seperti dilansir dari Fitbie, Senin (19/3/2012) antara lain:

1. Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan HDL (kolesterol baik) tanpa menaikkan LDL (kolesterol jahat) dan dengan memberikan dosis besar dari kalium dan serat.

2. Bayam
Hasil penelitian baru, orang yang mendapatkan oksigen yang kurang selama dan setelah olahraga dapat mengonsumsi dosis kecil dari bayam. Selain itu, peneliti di Rutgers University menemukan bahwa hormon yang ditemukan dalam bayam dapat membantu membangun dan memperbaiki otot dengan meningkatkan sintesis protein.

3. Brokoli
Selain menangkal kanker brokoli juga banyak mengandung vitamin C dan K.

4. Kiwi
Para peneliti berspekulasi bahwa manfaat kiwi untuk jantung berasal dari aktivitas antioksidan, dan kandungan leutine yang tinggi dari buah ini. Kiwi juga mengandung lebih banyak vitamin C.

5. Apel hijau
Sebuah apel sehari dapat menyegarkan tubuh. Menurut sebuah hasil penelitian di Belanda, apel hijau dapat mencegah stroke. Para peneliti menemukan bahwa peningkatan 25 gram buah-buahan setiap hari, yaitu sekitar 120 gram apel dikaitkan dengan 9 persen penurunan risiko stroke

6. Seledri
Tangkai seledri terkenal rendah kalori. Seldri juga mengandung vitamin K, vitamin A, serat, potasium, dan folat.

7. Teh hijau
Konsumsi teh hijau memperlambat kenaikan berat badan pada tikus dalam studi pada tahun 2011. Hasil studi lain menunjukkan bahwa, kandungan antioksidan dari teh hijau dapat mencegah kanker dan demensia.

8. Paprika hijau
Paprika hijau mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya