SOLOPOS.COM - Foto Kue Mangkok Mengandung Zat Kimia Berbahaya JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Foto Kue Mangkok Mengandung Zat Kimia Berbahaya
JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin

GUNUNGKIDUL-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DIY kembali menemukan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya di Pasar Argosari Wonosari, Gunungkidul saat inspeksi mendadak (sidak) Kamis (23/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BB POM DIY Abdul Rahim mengatakan, BBPOM terus memberikan pemahaman kepada para pedagang tentang produk makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin, borak methanyl yellow dan rhodamin B. karena banyak pedagang yang tidak mengetahuinya.

Kasi Layanan Informasi Konsumen BB POM DIY, Soesie Istyorini menambahkan, ke depan untuk melakukan pengujian bahan berbahaya dalam makanan bisa dilakukan sendiri melalui petugas pasar atau pemerintah daerah sehingga tidak perllu memanggil BBPOM.

Saat ini, kata Soesi pemerintah pusat juga sudah membuat program pasar bebas bahan berbahaya yang diterapkan di lima Pasar di DIY dengan harapan peredaran produk makanan berbahan membahayakan bisa dicegah.

Selain kue kukus dan kue mangkuk yang diuji lab, BBPOM juga membawa beberapa jenis makanan ringan untuk diperiksa lebih lanjut, seperti klanting dan brondong.

Sebelumnya pada pertengahab bulan lalu, petugas BB POM DIY juga menemukan 4 kwintal mie basah berformalin di Pasar Argosari Wonosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya