SOLOPOS.COM - Foto Pasar Argosari JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Pasar Argosari
JIBI/Harian Jogja/Antara

GUNUNGKIDUL-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menemukan berbagai jenis makanan yang mengandung zat berbahaya di Pasar Argosari Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Kamis (23/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat petugas melakukan pengujian menggunakan “rapid test” atau tes cepat terhadap beberapa makanan ringan seperti kue mangkok dan kukus, dan terbukti kedua makanan tersebut mengandung Rhodamine B.

Selain menguji makanan basah, petugas juga mengambil contoh makanan ringan kering seperti, ketela goreng kering dan klanting, untuk dibawa ke laboratorium.

“Kami akan mengintensifkan inspeksi mendadak dan sosialisasi bahan makanan yang berbahaya di seluruh pasar tradisional di DIY. Setidaknya ada lima pasar menjadi sasaran sosialisasi,”kata Kepala BBPOM DIY Abdul Rahim di Gunung Kidul dalam acara sosialisasi “Pasar Bebas Bahan Berbahaya” di Pasar Argosari, Wonosari, Kamis.

Untuk itu, BBPOM DIY melakukan sosialisasi mengenai bahan-bahan berbahaya kepada warga, pedagang dan pengelola pasar.

“Sosialisasi yang dilakukan terkait peredaranan makanan yang mengandung bahan berbahaya bisa diminimalisasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya