Lalu-lintas kendaraan memadati di Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Solo, Selasa (13/3/2018). Pada hari kedua simulasi manajemen rekayasa lalu-lintas (MRLL) proyek flyover Manahan, lalu lintas lebih terurai. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kawasan Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, diprediksi paling terdampak dari sisi kepadatan lalu lintas akibat proyek pembangunan flyover atau jalan layang Purwosari, Solo.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo Joko Indrianto menyiapkan manajemen rekayasa guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas selama proyek pembangunan flyover Purwosari berlangsung.

Diprediksi, terjadi lonjakan jumlah kendaraan melintas di kawasan Makamhaji, Kartasura, akibat limpahan arus lalu lintas dari Purwosari.

"Pembangunan flyover Purwosari ini jelas akan berdampak pada peningkatan arus lalu lintas di Makamhaji. Karena kendaraan yang semula melintas di Purwosari dialihkan melalui Jalan Slamet Riyadi Kartasura dan otomatis akan semakin padat," kata dia, Selasa (8/10/2019).

Joko mengatakan diperlukan manajemen rekayasa lalu lintas dengan bakal adanya peningkatan volume kendaraan di kawasan Makamhaji.

Salah satu upaya pihaknya akan menambah rambu-rambu lalu lintas. Kemudian penyiapan personel guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di sana.

"Kami segera berkoordinasi dengan Kota Solo soal rencana pembangunan flyover ini. Karena dampaknya juga akan dirasakan warga Sukoharjo," katanya.

Dishub Sukoharjo memperkirakan titik paling terdampak kemacetan akibat pembangunan flyover Purwosari berada di simpang tiga tugu lilin Makamhaji.

“Hari biasa saja macet apalagi nanti saat ada pembangunan flyover Purwosari. Kami segera melakukan koordinasi lintas wilayah dengan instansi terkait di Solo,” lanjutnya.

Salah satu warga Kartasura, Sucinah, berharap pembangunan flyover Purwosari tidak berdampak pada kemacetan lalu lintas di kawasan Makamhaji.

"Kami berharap dinas terkait bisa menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan saat proyek flyover Purwosari dikerjakan," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten