SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Pemerintah Kabupaten Jombang dan Provinsi Jawa Timur siapkan dana senilai Rp 16 miliar untuk membangun infrastruktur makam mantan Presiden Kiai Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di kompleks Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur.

“Setelah kita hitung totalnya Rp 16 miliar, dari Pemkab Jombang Rp 4 miliar dan dari kita (provinsi) Rp 12 miliar,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, di kantornya, Selasa (6/4).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dana sebesar itu, akan diperuntukkan untuk membangun lahan parkir sekaligus fasilitasnya seperti toilet serta area pertokoan cindera mata. Selain itu, dana tersebut juga untuk perluasan jalan menuju lahan parkir serta pembangunan infrastruktur jalan dari lahan parkir menuju kompleks makam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selama ini, kegiatan belajar mengajar di pesantren terganggu oleh peziarah, infrastruktur yang segera dibangun ini semoga bisa mengatasi masalah,” kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Selain Pemprov Jatim dan Pemkab Jombang, pemerintah pusat dalam hal ini juga segera membangun tembok pemisah antara pesantren dengan makam. “Tapi dananya dari pusat, Gus Sholah juga sudah minta ke pusat,” tambahnya.

Sementara itu, untuk persiapan acara mengenang wafatnya 100 hari Gus Dur yang akan digelar pada Kamis (8/4) malam, Saifullah yang juga keponakan Gus Dur ini berharap seluruh peziarah bisa tertib dan menjaga kekhuzukan ziarah.

tempointeraktif.com/ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya