SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akan diajukan yakni awal pekan depan, Senin (29/4/2019) atau Selasa (30/4/2019). Berdasarkan tahapan, pleno di tingkat KPU seharusnya Mei.

Sementara itu, KPU Sragen baru menerima hasil pleno rekapitulasi perolehan suara dari tiga kecamatan hingga Senin (22/4) siang. Ketiga kecamatan tersebut meliputi Gesi, Jenar, dan Kalijambe. Tahapan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sesuai jadwal hingga Sabtu (4/5) mendatang. Namun, komisioner KPU bersepakat menggelar pleno tingkat kabupaten pada akhir April.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penjelasan tersebut disampaikan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sragen, Muhsin, saat ditemui Solopos.com, Senin siang. Terbitnya Surat Edaran KPU No. 653/2019 per 9 April 2019 lalu memberi keleluasan bagi PPK untuk mempercepat proses rekapitulasi perolehan hasil pemilu.

SE mengamanahkan kecamatan yang memiliki 1-200 tempat pemungutan suara (TPS) maksimal lima hari untuk aktivitas rekapitulasi. Sementara bagi kecamatan yang memiliki lebih dari 200 TPS diberi waktu maksimal 10 hari.

“Dari 20 kecamatan di Sragen hanya lima kecamatan yang memiliki lebih dari 200 TPS, yakni Masaran, Sragen Kota, Karangmalang, Tanon, dan Kedawung. Sedangkan 15 kecamatan lain hanya diberi waktu maksimal lima hari. Untuk mengejar target maka rekapitulasi di kecamatan bisa dilakukan dengan panel,” ujarnya.

Muhsin sudah melakukan simulasi rekapitulasi perolehan suara. Satu TPS membutuhkan waktu 1 jam. Satu desa bila tidak ada kendala, kata dia, bisa menghabiskan waktu 10 jam. Dia melihat para PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja lembur hingga pukul 24.00 WIB.

“Dengan kecepatan itu, hasil pleno PPK yang masuk ke KPU hingga Minggu [21/4/2019] baru dari Gesi dan Jenar karena masing-masing hanya tujuh desa. Hari ini [Senin] dijadwalkan Kalijambe yang masuk. Berdasarkan pergerakan di PPK, komisioner KPU bersepakat dalam rapat untuk menggelar pleno KPU mulai Senin depan atau Selasa,” ujar Muhsin.

Berdasarkan pengamatan selama pemungutan suara dan rekapitulasi perolehan suara, Ketua KPU Sragen, Minarso, menilai perlunya peningkatan bimbingan teknis bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Harus ada pula tambahan kesejahteraan KPPS, tambahan biaya bintek, dan seterusnya karena beban KPPS berat.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan masih terus mengamankan setiap tahapan pemilu. Sudah ada pergerakan kotak suara dari PPK ke KPU.Per Senin dimungkinkan sampai empat kotak suara. “Kami terus pengamanan melekat di setiap tahapan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya