SOLOPOS.COM - Gunung Bromo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Gunung Bromo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SURABAYA –  Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur menilai promosi pariwisata harus disesuaikan dengan target wisatawan yang dibidik. Salah satunya lewat event Majapahit Travel Fair.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Ketua I PHRI Jawa Timur Muhammad Soleh mengatakan wisatawan domestik memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan dengan wisatawan mancanegara. Menurutnya, pemerintah daerah akan lebih efektif mempromosikan dengan mengundang travel agen baik domestik maupun asing.

“Travel agen merupakan corong daerah wisata, mereka yang nantinya akan bercerita dan mereferensikan kepada calon wisatawan. Wisatawan domestik yang ke Jawa Timur memiliki potensi yang lebih besar dibanding wisatawan mancanegara, tetapi juga tidak melupakan wisatawan asing sehingga mereka tidak hanya mengenal Bali,” ujar Soleh saat dihubungi JIBI/Bisnis, Senin (8/4/2013).

Dia menjelaskan saat ini pemda Jatim memang sudah mengadakan acara promosi wisata tahunan. Kegiatan seperti itu, lanjutnya, sebaiknya diefektifkan. Selain itu, dia menilai selama ini objek yang ada kurang dipelihara dan dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto mengakui pihaknya kurang mempromosikan wisata Jawa Timur dengan baik. Padahal, sambungnya, ada sekitar 765 objek wisata yang satu sama lain hampir mirip.

“Ada sebanyak 765 potensi objek wisata di Jawa Timur, satu sama lain hampir mirip. Mulai dari Pacitan maupun Banyuwangi. Kami akui kami kurang mempromosikan dengan baik. Pada 16-19 Mei nanti akan ada kegiatan Majapahit Travel Fair sebagai ajang promosi besar-besaran yang dilakukan oleh pemda,” ujarnya.

Dia menjelaskan Majapahit Travel Fair merupakan event tahunan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Surabaya. Pada acara tersebut juga akan dipromosikan berbagai lokasi wisata dan promosi hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya