Maia Estianty Punya Penyakit Rosacea, Apakah Itu?

Maia Estianty mengatakan karena punya penyakit Rosacea kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca.

 Maia Estianty. (Instagram-@maiaestiantyreal)

SOLOPOS.COM - Maia Estianty. (Instagram-@maiaestiantyreal)

Solopos.com, SOLO-Maia Estianty membuat pengakuan mengejutkan, dia mengaku punya penyakit kulit bernama Rosacea. Padahal selama ini dia dikenal memiliki kulit wajah cerah dan mulus.

Namun ternyata Maia Estianty punya penyakit Rosacea yang mungkin sulit disembuhkan. Hal itu terungkap di channel Youtube Maia Aleldul TV berjudul Maia Estianty Punya Penyakit Kulit Yang Tidak Bisa Disembuhkan, Sebelum Ke Amerika Ini Yang Dilakukan.

Dalam unggahan video itu Maia Estianty melakukan perawatan sebelum terbang ke Amerika Serikat lantaran punya penyakit Rosacea.  Mantan personel duo Ratu itu terlihat mendatangi klinik kecantikan.

“Aku punya penyakit Rosacea. Rosacea itu penyakit kulit, keturunan yang mungkin tampak seperti jerawat, padahal nggak. Dan kulit-kulitnya tuh merah, nah tuh susah disembuhin, malah mungkin nggak bisa disembuhin,” kata Maia Estianty seperti dikutip Solopos.com pada Kamis (16/9/2021) dari channel Youtube Maia Aleldul TV berjudul Maia Estianty Punya Penyakit Kulit Yang Tidak Bisa Disembuhkan, Sebelum Ke Amerika Ini Yang Dilakukan.

Maia Estianty mengatakan karena punya penyakit Rosacea kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Misalnya, ketika cuaca sedang panas, kulitnya akan berubah menjadi merah.

Baca Juga:  7 Jenis Minuman Ini Bisa Kontrol Kadar Kolesterol, Mau Coba?

“Makanya aku sering ke klinik karena aku butuh treatment itu supaya nggak terlalu marah ini kulitnya. Karena ini susah abnget, kena panas dikit merah, kena dingin dikit merah,” ujarnya.

Gejala khas dari penyakit ini adalah ruam kulit kemerahan pada wajah yang tak kunjung hilang, terutama di bagian tengah. Memang, kemerahan dapat hilang dan timbul kembali, tetapi hal ini sering menjadi gejala awalnya.

Tak seperti masalah kulit lainnya, kemerahan pada kulit biasanya tak kunjung hilang setelah berhari-hari atau berminggu-minggu. Bisa jadi kemerahan ini justru semakin menjadi-jadi.  Selain itu, tanda lain bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda bergantung pada jenis Rosacea yang Anda alami. Berikut gejala sesuai dengan jenis penyakitnya.

Dilansir dari American Academy of Dermatology dan hellosehat.com, Kamis (16/9/2021), masih belum diketahui secara pasti apa penyebab Rosacea. Namun,  ada beberapa hal yang diduga kuat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit kulit ini, yaitu:

1. Riwayat keluarga

Rosacea adalah penyakit yang diturunkan dalam keluarga. Banyak orang terkena penyakit ini karena memiliki anggota keluarga dengan rosacea. Oleh karena itu, faktor genetik diduga kuat berperan menyebabkan Rosacea.

Baca Juga: Bunda, Begini Cara Menghadirkan Tayangan Televisi Ramah Anak di Rumah

2. Bakteri Helicobacer pylori

Helicobacter pylori merupakan bakteri yang ditemukan di usus untuk merangsang produksi bradykinin. Bradykinin adalah polipeptida kecil yang diduga menyebabkan pembuluh darah melebar. Para ahli menyarankan bahwa bakteri ini mungkin berkontribusi dalam mengembangkan rosacea.

3. Tungau mikroskopis

Demodex folliculorum merupakan tungau mikroskopis yang hidup di kulit manusia dan biasanya tidak menimbulkan masalah.

Namun, orang dengan rosacea memiliki jumlah tungau yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya.  Akan tetapi, tidak diketahui pasti apakah tungau menyebabkan rosacea atau penyakit inilah yang memicu jumlah tungau.

Baca Juga:  Penampilan Terlihat Sederhana, Harga Outfit Lesti Kejora Ternyata Fantastis

4. Protein tubuh

Cathelicidin merupakan protein di dalam tubuh yang biasanya melindungi kulit dari infeksi. Sayangnya, cathelicidin juga bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan.  Bagaimana tubuh memproses protein ini bisa menentukan apakah seseorang bisa terkena Rosacea atau tidak.

Apa yang meningkatkan risiko untuk terkena Rosacea?

Berikut berbagai hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kulit ini.

– Jenis kelamin, wanita lebih berisiko dibandingkan dengan laki-laki
– Berkulit putih
– Berusia 30 – 60 tahun
– Memiliki riwayat keluarga dengan rosacea

Penyakit ini juga dapat diperburuk oleh hal dan zat tertentu. Umumnya Rosacea bisa muncul saat Anda melakukan atau mengonsumsi sesuatu yang meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.

Viral Jual Frozen Food Tanpa Izin Edar BPOM Kena Denda, Benarkah?

Lalu benarkah penjual terancam denda Rp4 miliar jika menjual frozen food tanpa izin edar BPOM?

Berkaca dari Kasus Rachel Vennya, Perlukah Satgas di Tiap Entry Point?

Gagasan perlunya Satgas di tiap entry point itu menjadi buntut dari kasus selebgram Rachel Vennya yang mangkir dari kewajibannya menjalankan karantina.

Bisa Cegah Terpapar Virus, Begini Cara Terapi Cuci Hidung yang Benar

Terkait masalah indera penciuman yang hilang atau anosmia, dengan melakukan terapi cuci hidung, secara perlahan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Unik! Bocah Ini Milik Nama Urutan Abjad, Panggilannya Tak Terduga

Ayah anak berusia 12 tahun itu sudah menyiapkan nama unik itu sebelum anaknya lahir dan mempunyai panggilan yang tak terduga.

Shandy Aulia Sebut Patah Hati Bikin Kurus, Ini Faktanya

Namun sebenarnya efek patah hati seperti diungkapkan Shandy Aulia bukan hanya terhadap berat badan.

Asal Usul Mitos Larangan Menikah Orang Mayang dengan Pajang Solo

Ada mitos larangan menikah orang Mayang, Sukoharjo dengan orang Pajang, Solo. Begini awal mulanya mitos tersebut muncul!

Viral Pacaran Bawa Mobil Dinas PJR, Begini Respons Warganet

Foto polisi bawa mobil dinas patroli untuk pacaran tersebut diduga diunggah oleh akun Instagram @dianpspita21 namun kemudian tersebar di media sosial.

Sempat Diremehkan, Para Pemuda di Bangka Berhasil Bangun Tempat Wisata

Sejumlah pemuda berhasil membuktikan jerih payah mereka dan membuahkan hasil dengan menyulap danau menjadi objek wisata meski sebelumnya sempat diremehkan beberapa pihak.

Viral Video Mesum Lele 13 Detik, Diperankan Gamers PUBG

Beredar video mesum viral di media sosial yang diperankan gamers PUBG Indonesia dengan akun Lele berdurasi 13 detik.