SOLOPOS.COM - Probosutedjo, adik mantan Presiden Soeharto (kiri) menjelaskan sesuatu kepada mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang berziarah ke kompleks makam presiden kedua RI itu di Astana Giribangun, Karanganyar, Senin (3/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

Probosutedjo, adik mantan Presiden Soeharto (kiri) menjelaskan sesuatu kepada mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang berziarah ke kompleks makam presiden kedua RI itu di Astana Giribangun, Karanganyar, Senin (3/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

KARANGANYAR – Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, berziarah di makam mantan Presiden Indonesia, Soeharto di Astana Giribangun, Senin (3/9/2012). Rombongan Mahathir disambut langsung oleh putri Soeharto yakni Siti Hardiyanti Rukmana beserta sejumlah kerabat lain. Sebelumnya Mahathir hadir di UNS untuk menerima gelar doktor kehormatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesampai di Astana Giri Bangun, rombongan Mahathir langsung memanjatkan doa di depan pusara Soeharto dan Ibu Tien. Doa dipimpin langsung oleh tokoh pendidikan Arief Rachman. Lebih kurang selama 15 menit rombongan bertafakur di depan pusara. Kemudian, Mahathir berbincang dengan para putri Soeharto yakni Siti Hardiyanti Rukmana (Tutu), Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek) dan Siti Hediati Hariyadi (Titiek).

Mahathir mengatakan, dia mengunjungi makam Soeharto untuk mendoakan arwahnya agar selalu berada di sisi-Nya. Menurutnya, sosok Soeharto merupakan pemimpin yang mampu mengayomi masyarakat. “Pak Harto pemimpin yang bagus,” katanya, Senin sore. Dahulu, lanjut Mahathir, dia sering berunding dengan Soeharto untuk memecahkan permasalahan terutama tingkat regional ASEAN. Dia juga selalu bekerjamasa dengan Soeharto untuk meningkatkan pembangunan di segala bidang.

Menurutnya, Soeharto kerap menyumbangkan ide dan gagasan cemerlang untuk kemajuan negara-negara ASEAN. Semestinya, hasil pembangunan era Soeharto dijaga oleh para generasi muda Indonesia. “Kami sering berunding berdua untuk mencari solusi permasalahan ASEAN. Dia sering memunculkan gagasan cemerlang,” ujarnya.

Sementara Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Mahathir Muhammad yang berziarah ke Astana Giri Bangun. Menurutnya, Mahathir merupakan partner Bapaknya dalam memajukan pembangunan terutama di negara-negara ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya