Mahasiswi UNS Solo Raih Medali PON Saat Hamil, Rektor: Kuliah Gratis!

Mahasiswi UNS Solo, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

 Nadia Haq Umami Nur Cahyani (tengah) bersama rekan dan pelatihnya. (Instagram)

SOLOPOS.COM - Nadia Haq Umami Nur Cahyani (tengah) bersama rekan dan pelatihnya. (Instagram)

Solopos.com, SOLO – Mahasiswi UNS Solo, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua. Menariknya, Nadia meraih medali itu dalam keadaan hamil.

PromosiJejak Pasukan Penyerang Singasari di Seputar IKN Nusantara

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, merinci ada sembilan atlet yang merupakan mahasiswa UNS. Para mahasiswa itu terdiri dari enam cabor yakni anggar, atletik, selam, sepak bola, pencak silat, dan renang.

Kesembilan atlet itu adalah Adira Kurniawati, Yulian Muhammad Adhitama dari cabor anggar. Kemudian, Agung Wahyudi dari cabor atletik nomor lompat jangkit. Ashifa Helsa Ashuroh cabor selam.

Baca Juga: Anggota Paskhas AU Bawa Jateng Tambah Medali Emas PON Papua

Sementara itu cabor pencak silat terdapat tiga mahasiswa yakni Nadia Haq Umami Nur Cahyani, Zidni Rahma Amaly, dan Khoirudin Mustakim. Lalu, Sidang Iskushardianto dan Fauziyyah Rahma Prastista dari cabor sepak bola.

Jamal turut menjanjikan bonus kepada para atlet yang berprestasi. “Saya berharap panggung PON ini milik kalian. Kami akan memberikan apresiasi kepada para peraih medali asal UNS, kuliah gratis S-1 hingga S-3 kami berikan kepada peraih emas. Lalu untuk medali perak, kami gratiskan kuliah S-1 sampai S-2 dan untuk perunggu, kami gratiskan kuliah S-1,” ungkapnya

Sebelumnya, Nadia menjadi perbincangan khalayak lantaran berhasil meraih medali PON dalam keadaan hamil. Tak tanggung-tanggung, cabor yang diikuti pun sekelas pencak silat yang memerlukan banyak gerakan tubuh.

Nadia sendiri merupakan mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS Solo. Dia mengoleksi banyak medali nasional dan internasional sejak fokus di dunia pencak silat.

Baca Juga: Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

PON 2016 lalu, Nadia sukses menyabet medali perunggu. Lalu, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 ia mendapat medali emas di kelas Fighter, dan medali perunggu untuk kelas seni tunggal.

Kemudian, di ajang ASEAN School Games 2013 di Vietnam Nadia menyabet juara 2, lalu ia berhasil keluar sebagai juara pertama dalam Kejuaraan Silat Antar Bangsa Feskom 2017 di Malaysia. Lalu, kompetisi UNJ Open pada Mei 2018 ia mendapatkan juara pertama.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tikung Arsenal, Juventus Gaet Dusan Vlahovic dari Fiorentina

Dusan Vlahovic selangkah lagi akan diresmikan sebagai pemain Juventus. Pemain asal Serbia itu dikabarkan telah menjalani tes medis bersama Si Nyonya Tua.

Pekan Sambernyawa Digelar, Pengunjung Bisa Selfie dengan Piala Liga 2

Manajemen Persis Solo menggelar event bertajuk Pekan Sambernyawa sebagai bentuk perayaan perjalanan Persis Solo di Liga 2 musim 2021 hingga menjadi juara.

Berlabel Timnas, Pemain Muda Persib Bandung Gabung Persis Solo

Sebanyak empat pemain muda Persib Bandung bergabung dengan Persis Solo.

Jan Ethes Ikut Turnamen Taekwondo, Selvi Ananda Deg-Degan

Putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra, kembali tampil di turnamen taekwondo.

Lagi! Jan Ethes Raih Medali Emas Turnamen Taekwondo

Putra sulung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra berhasil menang dalam pertandingan bela diri taekwondo Piala Wali Kota Solo.

PBSI Rilis Daftar Atlet Pelatnas, Praveen/Melati Tersingkir!

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tersingkir dari skuad Pelatnas PBSI tahun ini.

Catatan Jeblok Indonesia di Piala Asia Wanita: 0 Gol, 28 Kali Kebobolan

Timnas Putri Indonesia dipastikan tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita 2022. Zahra Muzdalifah dkk. tersingkir setelah menjadi juru kunci Grup B.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

LIVE Indonesia vs Timor Leste: Selesai, Tim Garuda Menang 4-1

Timnas Indonesia menghadapi tantangan Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tersisih di Persis Solo, Rijal Torres Malah Moncer di Persiraja

Assanur Rijal atau yang dikenal sebagai Torres gagal menemukan performa terbaiknya selama membela Persis Solo dalam gelaran Liga 2 2021 lalu.

Persis Youth Fokus Asah Skill Individu Pemain Jelang Kompetisi

Direktur Teknik Persis Solo Misha Radovic menyebut peningkatan skill individu pemain Persis Youth masih sangat diperlukan.

Persis Youth Menangi Laga Uji Coba, Misha Radovic: Masih Ada Kekurangan

Persis Solo Youth terus menunjukkan tren positif menjelang kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim ini.

Madrid Incar Haaland, Dortmund Maunya Ditukar 3 Pemain Sekaligus

Borussia Dortmund dikabarkan tidak masalah striker andalannya, Erling Haaland, digaet oleh Real Madrid pada musim panas mendatang.

Catat Lur! Berikut Link Streaming Indonesia vs Timor Leste Malam Ini

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.