SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan rintisan kerjasama dalam bentuk desa binaan tepatnya di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-Oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Dosen FIS, Heru Pramono mengatakan, program kerja (Proker) Desa Binaan ini juga sebagai kegiatan yang sifatnya berkelanjutan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Dusun Gembyong dengan karakteristiknya yang khas dan sama seperti di daerah-daerah lain di Gunungkidul mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi ekowisata,” ujar Heru, Jumat (26/9/2014).

Heru menjelaskan, potensi ekowisata di Gembyong yakni wilayah itu memiliki Curug Gedhe (air terjun) yang bagus. Sayangnya, hal ini menjadi kendala ketika musim kemarau tiba karena sungainya kering.

“Oleh karena itu, warga dusun setempat dapat mengembangkan alternatif lain seperti bumi perkemahan dan outbund,” ungkapnya.

Bentuk nyata kinerja mahasiswa HMPG UNY diwujudkan pada kegiatan bersama warga, akhir pekan lalu.

Para mahasiswa melakukan aksi bakti sosial, penyuluhan mitigasi bencana, penyuluhan desa wisata, pembagian bibit pohon, outbund, dan lainnya.

Heru berharap, kerjasama tersebut dapat mengasah kepekaan mahasiswa Pendidikan Geografi dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu Geografi untuk kebermanfaatan bagi lingkungan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya