SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Kebutuhan air minum yang terus meningkat, memicu munculnya bisnis depot air minum. Sayang, pengolahan air minum di DIY terkadang kurang memperhatikan persoalan higienitas.

Sebagai bentuk pengabdian ilmu kepada masyarakat, tiga mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin UNY, Farid, Andreas, dan Edi menciptakan mesin  pembersih galon  air  mineral  yang  difokuskan  kepada  mekanisme transmisi dan sistem pembersih atau sikat pembersihnya dengan pemanfaatan air.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Farid proses  pengolahan  air  minum  di depot-depot air minum biasanya melalui  tiga  tahap penyaringan,  desinfeksi,  dan  pengisian. 

Penyaringan dimaksudkan menghilangkan kotoran dan bau yang terkandung  dalam  air, sedang desinfeksi bertujuan menghilangkan sebagian besar mikroba dan membunuh  bakteri  patogen  dalam  air. Terakhir, pengisian merupakan pengemasan air yang telah diproses.

Tahap desinfeksi atau pembersihan, lanjut Andreas, merupakan tahapan yang terpenting pada proses isi ulang air mineral ke galon. Namun, mesin  pembersih yang  sebelumnya  sudah  ada umumnya tidak  mempunyai transmisi,  yaitu  dari  motor  langsung  keporos  pembersihnya.

Selain itu, alat yang sudah ada memiliki konstruksi  yang  besar  dan  berat  sehingga  tidak mudah  dipindahkan  serta  tidak  dilengkapi pengunci dan mengakibatkan proses  pembersihan botol  galon  kurang  efisien.

“Untuk itu, kami menciptakan mesin. Tujuannya meningkatkan  kualitas,  kuantitas  dan keamanan pada proses pembersihan galon air minum ini,” kata dia dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (20/10).

Adapun cara kerja mesin  ini  cukup singkat, dengan  memasukkan galon  kedalam  mesin  pembersih  galon dan menghidupkan mesin.

“Bagian  ujung  poros  ada  sikat  pembersih  dari  bahan senar nylon, sehingga jika poros berputar otomatis senar ini akan berputar juga.  Perputaran  senar  itu  akan  menggosok  bagian  tepi  dinding  sampai bersih. Namun  sebaiknya  botol  ini  diisi  dengan  air  sedikit  agar botolnya basah. Air dalam proses pembersihan akan membantu pembersihan galon lebih cepat bersih,” jelas dia.

Mesin  pembersih  galon  air  mineral  ciptaan kelompok ini  mempunyai  spesifikasi panjang 847 x lebar 450 x tinggi 600 mm dan dapat membersihkan galon satu buah per 15 detik. Sedangkan Harga untuk mesin ini adalah Rp1,3 juta, sehingga mesin ini terjangkau bagi konsumen. Mesin ini, diklaim ketiganya  lebih murah dari mesin yang ada di pasaran.(Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya