SOLOPOS.COM - Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho di ruang kerjanya melakukan jumpa pers secara daring dengan wartawan, Senin (27/4/2020). (Istimewa/UNS Solo)

Solopos.com, SOLO -- Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret atau FK UNS Solo yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit, Minggu (26/4/2020).

Sebelumnya, mahasiswa tersebut dirawat di Rumah Sakit (RS) UNS di Kartasura, Sukoharjo, sejak 4 April. Sekarang yang bersangkutan tinggal di rumah salah satu kerabatnya di wilayah Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar tersebut diungkapkan Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho saat jumpa pers secara online di Gedung Rektorat UNS, Senin (27/4/2020).

Bocah 10 Tahun di Klaten Positif Covid-19 Setelah Saudaranya Pulang Dari Malaysia

“Kami menyampaikan kabar gembira dan mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa pada 26 April 2020, satu pasien positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh. Dia sudah dipulangkan kepada keluarganya. Pasien tersebut adalah yang kami sampaikan informasinya pada 17 April 2020 [mahasiswa FK UNS],” ujarnya.

Menurutnya, perawatan yang dilakukan terhadap mahasiswa UNS Solo positif Covid-19 itu sudah sesuai prosedur. Misalnya pemeriksaan swab dengan hasil negatif dua kali berturut-turut.

Selain itu, kondisi klinisnya juga baik sehingga diperbolehkan pulang. Jamal mengatakan kabar gembira itu disampaikan untuk mendorong keyakinan bahwa selalu ada harapan untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Update! Pasien Positif Covid-19 Klaten Bertambah 4 Orang

"Dengan perawatan standar dan memenuhi prinsip tata laksana sesuai pedoman Kemenkes [Kementerian Kesehatan], semoga para pasien Covid-19 dapat sembuh,” harap Jamal.

Jamal menambahkan setelah diperbolehkan keluar dari rumah sakit, mahasiswa UNS Solo yang positif Covid-19 dan sembuh itu tinggal di rumah kerabatnya di wilayah Soloraya.

Daya Tahan Tubuh

Mahasiswa ini belum bisa dijemput keluarganya dari Jakarta karena terhambat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah asalnya tersebut.

2 Warga Colomadu Positif Covid-19, Total Kasus Karanganyar Jadi 13 Orang

“Kami berharap pada waktunya yang bersangkutan segera dapat berkumpul kembali dengan keluarganya," kata Jamal.

Sementara itu, Dekan FK UNS Solo dr Reviono yang juga menangani pasien itu mengatakan salah satu faktor yang membuat mahasiswa positif Covid-19 itu sembuh selain pengobatan adalah daya tahan tubuhnya yang baik.

“Selain kami kasih obat, daya tahan tubuh yang bersangkutan baik sehingga kemudian dia sembuh,” ujarnya.

Tambah 2, Sopir Bus dan Perawat Wonogiri Positif Covid-19

Sementara itu, Direktur RS UNS Solo Hartono mengatakan terus berusaha menyiapkan diri untuk bersama-sama pemerintah dan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Sebagai RS rujukan maupun laboratorium pemeriksa sampel swab pasien Covid-19, lantai khusus ruang isolasi RS UNS mulai menerima sampel dan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya