SOLOPOS.COM - Mahasiswa UNS Solo menggelar aksi segel kampus, Senin (20/7/2020). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO – Tagar #UniversitasNggaweSusah menjadi salah satu trending topik di Twitter Indonesia, Senin (20/7/2020). Hal ini bersamaan dengan aksi demo yang digelar sejumlah mahasiswa UNS Solo pada Senin siang.

Aksi yang diberi nama Pagelaran Universitas Nggawe Susah itu diinisiasi BEM UNS Solo. Mereka menuntut dibukanya keran komunikasi antara mahasiswa dengan Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setidaknya ada 10 hal yang digaungkan dalam aksi kali ini, mulai dari transparansi keuangan hingga evaluasi perkuliahan online yang dilakukan selama pandemi Covid-19.

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun tagar #UniversitasNggaweSusah dipakai untuk memberikan semangat dan meramaikan aksi tersebut. Sejumlah pengguna akun Twitter meramaikan tagar itu dengan beragam cuitan berisi keluhan kepada pihak kampus.

Kapan Akhir Pandemi Covid-19 di Indonesia? Ini Prediksi Pakar UGM Jogja

"Katanya kampus rakyat? Katanya kalo mahasiswa ngajak audiensi bakal diturutin? Katanya bapak dari mahasiswa? Mungkin buat golongan atas ga kerasa. Apa kabar golongan menengah ke bawah yang makan aja kudu dihemat-hemat dan UKT ga ada potongan sama sekali? #UniversitasNggaweSusah," cuit @langittsore.

"Ndang mari, ojo lali sek kuliah ki mahasiswa. Dudu sek neng gedung tengah-tengah mburi tulisan UNS #UniversitasNggaweSusah. Audiensi ditolak-i terus. Pisan oleh audiensi malah cuma serah, jatuhnya sosialisasi," imbuh @aya_fidh.

UKT Mahal

"Bayar UKT mahal2 tapi gak bisa menikmati fasilitas kampus. Bikin kegiatan KKN Covid regulasinya gak jelas, cuma buat cari pencitraan. Bikin pembangunan sana-sini tapi mahasiswanya gak bisa menikmati. Website kampus juga masih sering down. Emang dasar #UniversitasNggaweSusah" lanjut @byseto_.

Mahasiswa UNS Solo Gelar Aksi Segel Kampus, Ini Tuntutannya

Meski demikian ada juga sejumlah netizen yang memberikan dukungan kepada mahasiswa UNS Solo yang melakukan demo, salah satunya menuntut potongan uang kuliah tunggal (UKT).

"Terimakasih kalian yang sudah mewakili aspirasi mahasiswa. Semoga membawa kemaslahatan dan kebaikan bersama. Semoga disikapi dengan bijaksana. #UniversitasNggaweSusah," dukung @nlnatqia.

"Teruntuk kawan-kawan yang sudah menyempatkan hadir, terima kasih kuucapkan. Terima kasih telah menyuarakan segala keresahan kepada para pimpinan yang (katanya) berkuasa atas diri kita, yang (katanya) bapak kita. #UniversitasNggaweSusah," sambung @joyst_.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya