SOLOPOS.COM - Mahasiswi UNS Solo, Lisa Elfana, peraih Silver Award untuk Best Public Statement (Thematic) dalam ajang Korean Association of Human Right Studies (KAHRS). (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Lisa Elfana, meraih Silver Award untuk Best Public Statement (Thematic) dalam lomba tingkat Asia, Korean Association of Human Right Studies (KAHRS), yang baru saja digelar. Selain itu, Lisa dan tujuh anggota tim dari Indonesia mendapat predikat Best National Action Plan (NAP) pada ajang yang sama.

Lisa mengatakan, kompetisi tingkat Asia yang digelar secara daring itu mengadu program tentang pembangunan berkelanjutan dan hak asasi manusia (HAM). “Jadi dalam lomba ini masing-masing peserta membuat essai tentang isu pembangunan berkelanjutan dan HAM. Alhamdulillah untuk individu saya mendapat penghargaan silver, dan untuk tim dari Indonesia mendapatkan juara umum action plan,” ujarnya kepada Espos, Selasa (22/12/2020).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bikin Jijik! Abang-Abang Penjual Siomay Diduga Ludahi Dagangan

Mahasiswi UNS Solo itu menjelaskan tim ini dibentuk dari peserta-peserta Indonesia yang lolos seleksi dalam lomba tingkat Asia tersebut.

“Peserta-peserta yang lolos ini kemudian membentuk tim untuk berkompetisi pada kategori tim. Ada delapan orang termasuk saya dan mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia [UI] [tiga orang], Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Satya Wacana [Salatiga], IAIN Kendari, dan President University,” imbuh mahasiswa angkatan 2015 Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS ini.

Dibekali Kuliah Daring

Sebelum lomba ini dimulai, peserta mengikuti pembekalan/ kuliah daring tentang pembangunan berkelanjutan dan HAM. Penyelenggara yang mengendalikan semua kegiatan dari Korea Selatan ini juga memberikan penghargaan kepada Lisa sebagai peserta terbaik dalam pembekalan tersebut. “Iya saya juga mendapat Certificate of Excellence dalam pembekalan. Jadi saya mendapat tiga penghargaan, termasuk penghargaan dengan tim,” imbuh warga Magelang ini.

Atas prestasi tersebut ia berharap bisa memberi kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dan HAM di Indonesia. Sementara itu, event bertajuk Empower Leadership on Sustainable Development Goals and Human Rights ini diselenggarakan Korean Association of Human Rights Studies, bersama Kyung Hee University, Korea International Cooperation Agency, Asia Development Alliance, Global Call to Action Against Poverty, Migrant Forum Asia, dan Civil Society Development Association.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya