Tutup Iklan

Mahasiswa UNS Dorong Desa Purworejo Sragen Jadi Sentra Kambing Perah

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan beternak kambing perah Sapera.

 Tim Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMP) Appaloosa Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, UNS, menggelar penyuluhan beternak kambing perah di Desa Purworejo, Gemolong, Sragen. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tim Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMP) Appaloosa Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, UNS, menggelar penyuluhan beternak kambing perah di Desa Purworejo, Gemolong, Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO— Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMP) Appaloosa Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, UNS, menggelar penyuluhan beternak kambing perah di Desa Purworejo, Gemolong, Sragen. Penyuluhan ini sebagai upaya mendukung Desa Purworejo sebagai sentra kambing perah.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan beternak kambing perah Sapera. Targenya anggota kelompok mitra yaitu Kelompok Ternak Jaya dan warga Desa Purworejo, Gemolong, Sragen.

Desa Purworejo dipilih sebagai lokasi penyuluhan karena memiliki potensi untuk dijadikan sentra kambing perah di Kabupaten Sragen. Desa ini juga telah memiliki populasi kambing perah Sapera.

Baca Juga: Menabung di Tabungan Bersama Boyolali, Berhadiah Ayla

Sapera adalah kambing perah hasil persilangan antara kambing saanen dan peranakan etawa. Sapera cocok dipelihara di dataran sedang sampai dengan tinggi. Produksi susunya berkisar 1,5-2 liter per hari.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di aula pertemuan milik kelompok ternak setempat, Sabtu (16/10/2021) dengan total 35 peserta, 6 panitia, dan dosen pembimbing serta 1 pemateri. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peternak dan calon peternak kambing perah di Desa Purworejo, Gemolong, Sragen sebagai upaya menjadikan desa ini sebagai sentra kambing perah di wilayah Sragen,” ujar Imelda, Ketua Pelaksana Program Wira Desa, dalam rilis kepada Solopos.com.

Baca Juga: Pererat Kerukunan, Moderasi Beragama Harus Diperkuat

Rangkaian kegiatan penyuluhan dimulai dengan sambutan oleh ketua kelompok serta dosen pembimbing. Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian materi dan diskusi dengan narasumber Yulianto dari Afia Farm Kabupaten Sleman, DIY.

Pengujian tingkat pemahaman peserta penyuluhan terhadap materi yang disampaikan dilaksanakan dengan pengerjaan soal pre test dan post test. Peserta penyuluhan memiliki antusiasme tinggi, yang ditunjukkan dengan diskusi berbobot.

Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peternak dalam mengembangkan usaha peternakan kambing. Sehingga populasi dan produksi susu kambing perah di Desa Purworejo, Gemolong, Sragen, bisa meningkat dan dapat meningkatkan taraf hidup warga setempat.

Baca Juga: Wonogiri Usulkan Kuota Gas Melon 2022 Naik 6 Persen

Rangkaian kegiatan Wira Desa akan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan pakan konsentrat kambing perah, serta pelatihan pegolahan susu kambing yang dijadwalkan pada akhir Oktober ini. Program Wira Desa merupakan bagian dari pengembangan kegiatan wirausaha di desa. Program ini dibiayai dana hibah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tim pelaksana kegiatan ini adalah Imelda Renita Alfara, David Anggara Putra, Thoriq AldriBramastya, Zaid Surya Al Rahman, AkhmadPuguhTaufiiqulhakim, Hasan Haidar Aqil, Marsini, dan Satria Hadi Wicaksono serta Ayu Intan Sari, S.Pt., M.Sc. selaku dosen pembimbing.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pengemudi Mercy Tabrakan di Tol JORR Jadi Tersangka, Gimana Nasibnya?

Polisi menetapkan pengemudi Mercy, MDS, 66, sebagai tersangka kasus kecelakaan beruntun di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cakung.

Harga Minyak Goreng Naik Terus Sampai 2022, Ini Sebabnya Bund

Harga minyak goreng diprediksi akan terus naik hingga 2022 karena berbagai faktor.

Miris! Warga di Bali Ini Tarik Air Danau Demi Bisa Minum & MCK

Sejumlah warga desa di Pulau Dewata Bali mengalami krisis air bersih selama bertahun-tahun.

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Solo Kunjungi Griya Solopos

Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Akuntansi dan Bahasa Inggris, Fakultas Hukum dan Bisnis, Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (25/11/2021).

Tangkap Penabrak Polisi, Polres Metro Malah Buka Sindikat Internasional

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakpus berhasil mengungkap dan menangkap 3 orang sindikat narkoba jaringan internasional setelah berhasil menangkap penabrak polisi.

Pengin Jadi Anggota Banser Seperti Erick Thohir, Begini Hlo Caranya!

Begini hlo cara dan syarat menjadi anggota Banser seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick Thohir!

Semua Pelaku Pembunuhan dan Mutilasi Teman di Bekasi Tertangkap

Polisi menangkap FM, MAP, dan ER, tersangka kasus pembunuhan berencana disertai mutilasi terhadap pengendara ojek online yang juga teman tersangka, RS, 28.

HUT ke-65, UKSW Gelar Ibadah Syukur dan Upacara Dies Natalis

Kegiatan ibadah syukur dan upacara dies natalis akan diadakan secara luring terbatas, dan disiarkan secara langsung di Youtube UKSW Salatiga.

10 Berita Terpopuler: Tabrakan Maut di Sragen hingga Modus Baru Maling

Berita kecelakaan maut di Jalan Solo-Sragen, Senin (29/11/2021) pukul 06.00 WIB dan modus baru maling mobil dengan alasan membeli menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (30/11/2021).

Solopos Hari Ini: Euforia 8 Besar

Konvoi yang melibatkan 1.000-an suporter Persis Solo menggunakan sepeda motor untuk merayakan lolosnya Laskar Sambernyawa ke babak delapan besar Liga 2 2021, Senin (29/1/2021) sore, memantik polemik.

Target Penerimaan Negara Rp1.846 T, Pemerintah Perluas Basis Pajak

Penerimaan negara ditargetkan sebesar Rp1.846,1 triliun pada 2022, terdiri dari penerimaan perpajakan Rp1.510 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp335,6 triliun dan hibah Rp0,56 triliun.

Bupati Bandung Wajibkan ASN Nyanyikan Indonesia Raya Sebelum Bekerja

Bupati Bandung juga mewajibkan ASN untuk menyanyikan atau mendengarkan lagu Halo-Halo Bandung sebelum pulang kantor.

100 Warga Antre Bantuan, BLT Covid-19 Malah Disikat Kades

Pencairan dana BLT Covid-19 masing-masing tahap Rp30 juta untuk 100 keluarga penerima manfaat (KPM).

Sejarah Hari Ini: 30 November 2004, Lion Air JT 538 Tergelincir di Solo

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 30 November salah satunya tragedi tergelincirnya pesawat Lion Air di dekat Bandara Solo

Terlalu! Gubernur Sulsel Rela Korupsi Demi Belikan Jetski untuk Anak

Selain hukuman badan, majelis hakim juga mewajibkan Nurdin Abdullah membayar uang pengganti sebesar Rp2,187 miliar dan 350 ribu dolar Singapura subsider 3 tahun penjara.