SOLOPOS.COM - Ratusan peserta mengikuti workshop animasi yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS, Sabtu (17/11/2012). (Istimewa)


Ratusan peserta mengikuti workshop animasi yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS, Sabtu (17/11/2012). (Istimewa)

SOLO--Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan workshop animasi dengan tema Unleashed Your 3D Soul di Ruang Seminar I, Fakultas Ekonomi Kampus UMS, Jl. Ahmad Yani Surakarta.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (19/11/2012) acara yang digelar, Sabtu (17/11/2012) tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Solo dan sekitarnya. Program Seminar tahunan ini mengangkat konsep proses produksi animasi yang mendatangkan sejumlah narasumber.

Pakar animasi dan dosen Fakultas Teknik Elektro UMS, Dedy Ari Prasetya ST menjadi salah satu narasumber. Ia mempresentasikan proses pembuatan karakter tiga dimensi untuk animasi dan game.  Dalam kesempatan itu, Dedy menunjukkan hasil karya tim animasi UMS dalam pengembangan atau produksi Candi Borobudur, yang dibuat menggunakan software animasi blender yang didukung Kemenristek.

Selain itu, penyelenggara juga mengundang Hanitianto Joedo SH, selaku pengamat animasi dan pendiri Javanimations, sekaligus dosen animasi di beberapa perguruan tinggi di Solo dan Jogjakarta. Laki-laki yang akrab disapa Joedo ini memaparkan proses pembuatan storyboard untuk animasi dan game.

Joedo, yang berpengalaman dalam pembuatan iklan, serial animasi di televisi, motion-graphics di beberapa stasiun televisi dan arsitektural ini ditunjuk sebagai Koordinator tim penyusun proposal Solo Creative City of Design ke UNESCO. Ia memberikan berbagai contoh storyboard untuk iklan komersial, serial animasi dan game yang pernah dibuatnya.

Acara itu dibuka Drs Sudjalwo MKom, Wakil Dekan III Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS. Dalam sambutannya ia menjelaskan program itu bertujuan untuk mendukung dan mewadahi kegiatan mahasiswa. Ia menambahkan saat ini Jurusan Teknik Informatika menyiapkan studio dan renderfarm untuk animasi. Dengan dua hal itu, ia berharap mahasiswa dapat berekspresi di dunia animasi dan menyiapkan diri menghadapi persaingan pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya