SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID — Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja melatih warga Desa Pogalan, Kecamatan, Kabupaten Magelang Magelang mengolah limbah pinus menjadi biopestisida asap cair dan semprotan sepatu antibakteri.

Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat FTI UII Jogja yang terdiri atas Dwi Adi Purnama, Nashtiti Aliafari, Febri Wahyudi, Bella Azis Dewanti Putri (Prodi Teknik Industri), dan Diora Ananda (Prodi Teknik Kimia) dengan dosen pembimbing Vembri Noor Helia berhasil melatih kelompok tani dan para pemuda Karang Taruna mengolah limbah pinus menjadi biopestisida dan zat antibakteri itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dwi Adi Purnama mengatakan potensi Desa Pogalan, Pakis, Kabupaten Magelang yang memiliki lahan pinus hingga 60 hektare menghasilkan limbah pinus yang semakin banyak serta adanya permasalahan hama tanaman sayur. Sehingga dibutuhkan solusi dalam mengatasi masalah tersebut melalui pengolahan limbah pinus menjadi biopestisida asap cair dan pelatihan pembuatan wirausaha baru, yaitu spray sepatu antibakteri.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hasil yang dicapai dari program ini, kelompok tani dapat memahami dan membuat secara langsung asap cair dari limbah pinus, daun dan kembangpinus sebanyak 1,5 liter, yang mana bisa dibuat 15 liter bio pestisida siap pakai,” ungkapnya, Senin (27/8/2018).

Selanjutnya, kelompok tani diharapkan mahasiswa UII Jogja itu dapat mengimplementasikan hasil biopestisida untuk mengatasi hama tanaman sayur seperti serangga dan jamur. Karang Taruna juga dapat menghasilkan produk khas Desa Pogalan berupa spray sepatu antibakteri yang menjadi salah satu peluang usaha baru.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya