SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA — Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja mengembangkan Nano Shark Kao, yakni nano spray inhaler dari limbah kulit kakao. Para penemunya memodifikasi limbah kulit kakao menggunakan metode self-nanoemulsifying drug delivery system (SNEDDS) guna mengubahnya menjadi obat mutakhir penyakit bronkitis kronik.

Nano Shark Kao dikembangkan oleh Ratih Lestari, mahasiswa Kimia UII angkatan 2015; Aditya Sewanggara, yang asal jurusan dan angkatannya sama dengan Ratih; dan Kartika Puspitasari dari jurusan Farmasi UII Angkatan 2016. Ratih mengatakan penelitian mengenai pemanfaatan limbah kulit kakao menjadi obat didasari dari keprihatinan tentang tingginya kematian akibat rokok di berbagai belahan dunia, terutama Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alasan lain adalah permasalahan lingkungan, dalam hal ini kami mengangkat limbah kulit kakao yang hingga saat ini masih menjadi sebuah musuh utama bagi lingkungan karena pengolahan limbah tersebut yang masih belum optimal, terutama di daerah-daerah penghasil cokelat seperti di DIY ini,” terang Ratih dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, salah satu bagian jaringan Solopos Group di Kota Jogja, Sabtu (25/8/2018).

Aditya menambahkan inovasi dalam pembuatan nano herbal dari limbah kulit kakao ini berupa kombinasi dari metode SNEDDS dengan metode spray inhaler. Adanya pembuatan nano herbal dari limbah kulit kakao ini diharapkan dapat menurunkan risiko kematian akibat rokok di Indonesia dengan obat terbarukan dan ramah lingkungan.

Keunggulan dari Nano Shark Kao ini, selain ramah lingkungan dibandingkan yang lainnya dan terbarukan, bahan yang digunakan untuk pembuatannya berasal dari dalam negeri sehingga lebih murah, proses pembuatannya sangat mudah, dan cepat. “Penelitian ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga diharapkan ke depannya Nano Shark Kao memiliki kualitas yang lebih baik dan stabil, serta siap untuk dipasarkan,” terang Aditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya