Mahasiswa Teknik Sipil Terciduk Edarkan Narkoba di Klaten

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Agung Nugroho, 20, asal Tulung, Klaten, ditangkap Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Klaten di Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Minggu (17/2/2019), karena mengedarkan obat terlarang.

Mahasiswa semester II jurusan Teknik Sipil salah satu perguruan tinggi swasta di Soloraya itu harus berurusan dengan polisi karena telah mengedarkan pil hexymer dalam satu bulan terakhir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, awalnya polisi menangkap salah seorang pengedar pil Hexymer di Gedaren, Jatinom, Sabtu (16/2/2019). Pengedar tersebut bernama Agil Prayudha Tama, 19.

Saat penggerebekan di rumah Agil, polisi juga meringkus Sezar Bayu Prakosa, 19, warga Jatinom lainnya. Bayu merupakan teman Agil. Saat ditangkap, Bayu yang baru saja membeli pil Hexymer ke Agil juga mengonsumsi minuman keras (miras).

Dari tangan Agil, polisi menyita barang bukti berupa dua telepon seluler (ponsel), masing-masing merek Samsung dan Vivo. Di samping itu, terdapat sejumlah pil.

Sedangkan dari tangan Bayu, polisi menyita uang tunai Rp735.000, satu ponsel merek Xiaomi, dan sejumlah pil. Setelah dilakukan pengembangan, polisi memperoleh informasi pil yang dikantongi Agil dan Bayu berasal dari Agung Nugroho.

Selanjutnya, polisi menangkap Agung di kawasan Bonyokan, Jatinom, Minggu (17/2/2019). Polisi menyita barang bukti berupa sejumlah pil Hexymer, satu ponsel merek Oppo, dua stoples plastik, dan Honda Beat berpelat nomor AD 6307 PQ dari tangan Agung.

“Total barang bukti pil yang disita [dari ketiga tersangka] mencapai 304 butir pil Hexymer. Saat ini, kami masih memburu pemasok barang haram ini ke tiga tersangka itu. Pemasok diketahui berasal dari Kartasura, Sukoharjo,” kata Wakapolres Klaten, Kompol I Komang Sarjana, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi, saat konferensi pers di Mapores Klaten, Selasa (19/2/2019).

Kompol I Komang Sarjana menambahkan ketiga tersangka dijerat Pasal 197 subsider 96 UU No. 36/2009 tentang Kesehatan. Ketiga tersangka terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp1,5 miliar. Saat ini ketiga tersangka mendekam di sel tahanan Mapolres Klaten.

“Selain langkah penindakan, kami juga aktif memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba di sekolah, kampus, tempat kerja, dan lainnya. Narkoba ini merusak generasi muda dan merusak sistem otak,” katanya.

Kasatnarkoba Polres Klaten, AKP Munawar, mewakili Kapolres Klaten , AKBP Aries Andhi, mengatakan sepanjang Januari 2019-pertengahan Februari 2019, Satnarkoba Polres Klaten telah mengungkap 12 kasus narkoba. Dari jumlah kasus itu, polisi merngkus 13 tersangka.

“Dari jumlah tersangka itu didominasi buruh harian lepas. Untuk tersangka mahasiswa baru kali ini,” katanya.

Sementara itu, Agung Nugroho mengaku mulai mengedarkan pil haram itu dalam satu bulan terakhir. Di samping mengedarkan Agung mengaku sering mengonsumsi pil tersebut.

Saat mengonsumsi, pil tersebut memberi dampak nafsu makan kurang, tenggorokan kering, dan berhalusinasi. “Saya menjual pil per paket [berisi 10 butir] dengan harga Rp25.000-Rp30.000. Dari hasil penjualan itu, saya memperoleh keuntungan sekitar Rp5.000 per paket. Selama satu bulan itu, saya bisa menjual enam paket. Biasanya, keuntungan tersebut saya gunakan untuk beli rokok,” katanya.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.