SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendapat fasilitas baru berupa sarana dan prasarana kuliah. Fasilitas itu tak lain adalah gedung baru yang berada di belakang perpustakaan Undip Widya Pura.

Gedung baru untuk mahasiswa Psikologi itu pun telah diresmikan Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, Kamis (17/1/2019). Peresmian ditandai dengan acara seremonial berupa penandatangan prastasti rektor dan Dekan Psikologi, Dr. Hastaning Sakti, kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita bunga oleh Ibu Darmanto Jatman, yang merupakan istri almarhum Prof. Darmanto Jatman, pendiri Fakultas Psikologi Undip.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Rektor Undip berharap gedung baru ini menjadi penyemangat agar Fakultas Psikologi tetap optimistis dalam meningkatkan kinerja.

“Gedung baru ini sebagai salah satu bentuk pengembangan Fakultas Psikologi yang berawal dari mimpi yang terwujud. Gedung ini diharapkan mampu menjadi pendorong bagi Undip untuk terus menjadi hebat, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan,” kata Yos dalam keterangan resmi.

Lokasi gedung baru Fakultas Psikologi ini berada di belakang perpustakaan Undip Widya Puraya atau sebelah barat daya Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Dengan keberadaan gedung ini, mahasiswa Psikologi Undip pun harus boyongan dari gedung lama yang bersebelahan dengan gedung Fakultas Kedokteran.

Koordinator pembangunan gedung, Herry Suliantoro, mengatakan gedung baru Undip itu memiliki tinggi 54 meter dan dibangun dalam delapan lantai. Pembangunan dilakukan sejak 29 September 2017 dan selesai pada 13 September 2018.

Gedung baru Psikologi Undip. (Semarangpos.com-Humas Undip)

Total biaya pembangunan yang dikeluarkan untuk gedung baru itu sekitar Rp47,6 miliar dari pagu anggaran Rp53 miliar. Saat ini baru dibangun kurang lebih 7500 m2 (dari total luas bangunan kurang lebih 17.000 m2) dan sisanya tahap kedua nanti.

“Gedung ini mampu mengakomodasi kebutuhan fakultas dengan fasilitas sampai 20 tahun ke depan. Ini merupakan gedung pertama di Undip yang didesain dengan perencanaan yang mempertimbangkan aspek-aspek green building,” ungkap Herry yang juga menjabat sebagai dosen Fakultas Tehnik Undip.  

Sementara itu Dekan Fakultas Psikologi Undip, Dr. Hastaning Sakti, M.Kes.Psi dalam sambutannya menyampaikan kebahagiannya karena diakhir masa jabatannya berhasil memboyong fakultas Psikologi menempati gedung baru. Hastaning mengklaim bahwa saat ini gedung baru fakultas psikologi yang dinamai sebagai gedung Magenta itu merupakan yang tertinggi di Kampus Undip Tembalang, Semarang.

“Kenapa menghadap laut, ini sesuai pesan senior dan penggagas berdirinya Fakultas Psikologi, salah satunya Prof. Darmanto Jatman, yang berpesan Fakultas Psikologi itu harus menghadap ke laut. Filosofi laut dalam Hasta Brata artinya luas dan dalam,” ujar Hastaning.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya