SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Mahasiswa perlu memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar untuk menunjang perkuliahan di jenjang sarjana hingga pascasarjana.

Demikian disampaikan dosen ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Eko Priyo Purnomo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Melalui menulis, orang menuangkan ide, gagasan dan pemikirannya, untuk kemudian dapat diketahui orang lain. Orang lain akhirnya mampu memahami mereka sehingga komunikasi dapat dibentuk,” kata Eko di Jogja, Minggu (5/12).

Menurut dia, komunikasi yang baik akan menciptakan kesuksesan, termasuk dalam kehidupan sosial di masyarakat.

“Oleh karena itu, menulis sesuai dengan kaidah yang benar dan baik perlu dijadikan kebiasaan bagi para mahasiswa untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pemikiran kepada orang lain,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY menyelenggarakan lokakarya penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa.

Kegiatan tersebut merupakan ajang pelatihan untuk menggiatkan mahasiwa dalam berkemampuan menulis dengan baik dan benar secara ilmiah.

Dikemukakan dia lokakarya itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa untuk menulis karya ilmiah sesuai dengan standar yang baik dan benar.

“Menulis itu ibarat kakak beradik dengan kuliah. Keduanya harus saling dijaga dengan cara memiliki kemampuan yang baik dan benar dalam menjalankan kegiatan perkuliahan, dan menulis agar mendapatkan hasil yang optimal,” jelasnya.

Ia menyampaikan, dalam menulis, mahasiswa juga harus memiliki kemampuan mereferensi dengan benar untuk menghilangkan tuduhan plagiat dan upaya melakukan tindakan jujur karena tidak melakukan klaim karya orang lain.

“Dengan memberikan referensi akan membantu pembaca menelusuri sumber tulisan karya ilmah tersebut,” imbuhnya.

ant/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya