SOLOPOS.COM - Foto Demo Tolak Kenaikan BBM JIBI/Harian Jogja/Sunartono

Foto Demo Tolak Kenaikan BBM
JIBI/Harian Jogja/Sunartono

SLEMAN-Sejumlah mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menolak rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), di pertigaan UIN Sunan Kalijaga Jogja, Rabu (30/4).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Pantauan Harianjogja.com massa aksi menamakan diri Gerakan Rakyat Anti Kenaikan BBM, terdiri dari gabungan Front Aksi Mahasiswa Jogjakarta (FAMJ), Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), Sekolah Bersama (Sekber) dan LMND. Mereka awalnya melakukan orasi di depan pintu masuk UIN Sunan Kalijaga Jogja atau kawasan Jalan Timoho.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudian berjalan menuju pertigaan di Jalan Adisutjipto kembali menggelar orasi di tengah padatnya arus. Sempat terjadi gangguan lalulintas akibat demonstrasi tersebut. Karena massa melakukan aksinya di tengah pertigaan jalan. Meski demikian hingga saat ini massa aksi masih terlihat tertib.

Humas Aksi, Rifat menyatakan aksi yang dilakukan sebagai tindaklanjut dari rencana SBY akan mengumumkan kenaikan harga BBM hari ini. Mahasiswa, kata dia, dengan tegas menolak rencana tersebut karena dinilai akan menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat.

“Aksi ini sebenarnya agak mendadak karena informasi baru kita dapatkan semalam kemudian gelar rapat aksi,” ujar mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Su-ka ini.

Dalam aksinya mereka menuntut kepada presiden SBY untuk tidak menaikkan harga BBM. Selain itu diperlukannya nasionalisasi aset sehingga dapat memberikan efek sejahtera bagi rakyat.

“Statement SBY soal kenaikan harga BBM yang direncanakan dari 5500 menjadi 6500 ini sangat berimplikasi besar terhadap masyarakat kecil,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya