Mahasiswa ISI Solo Sajikan Gaehwa Di Festival Gugak Indonesia 2021

Kelompok Dua mempersembahkan “Gaehwa” karya komposer Andika Agustino Wella Mahendra mahasiswa ISI Solo Prodi Seni Karawitan 2018.

 Mahasiswa ISI Solo tampil di Festival Gugak Indonesia 2021. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa ISI Solo tampil di Festival Gugak Indonesia 2021. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Festival Gugak Indonesia memiliki tujuan agar masyarakat Indonesia dan Korea saling mengenal musik tradisional kedua negara tersebut. Festival ini didukung oleh Korean Foundation dibawah Kementrian Diplomat Korea Selatan, dan diharapkan dapat mengembangkan hubungan baik kedua negara.

Dalam festival tersebut, Kelompok Dua mempersembahkan “Gaehwa” karya komposer Andika Agustino Wella Mahendra mahasiswa ISI Solo Prodi Seni Karawitan 2018. Dengan penulis lirik Gutami Hayu Pangastuti mahasiswa Prodi Seni Karawitan 2017. Persembahan ini didukung juga oleh Udin Fazri Wido Atmanto mahasiswa Prodi Seni Pedalangan 2016, serta Mohammad Dimas Aditya Laksana, dan Windarti Wahyu Setyo Asih.

Baca juga: Tim Scenema Prodi Film dan Televisi ISI Solo Juara 3 Lomba Inovasi Digital Kemdikbudristek

Kelompok Dua ISI Solo mengambil inspirasi sebuah lagu tradisional Jeju, Korea Selatan, Gaehwa Taeryong. Yakni lagu yang menceritakan Gaehwa, seorang wanita penghibur. Gaehwa digambarkan merasakan hal tak biasa, yaitu mencintai tuannya. Perasaan menggebu-gebu timbul dan terus menerus selalu Gaehwa dapati.

Kisah cinta unik Gaehwa dijadikan Gutami dan Andika sebagai tema komposisi kolaborasi Korea dan Indonesia. Mengikutsertakan lirik lagu Gaehwa, riset terhadap cakepan-cakepan Langendriyan, dan tembang-tembang Peribadatan Buddha, menjadi insipirasi Gutami untuk menulis lirik lagu. Dengan tata urutan terdiri dari Lagu Pambuka Jawa – Putri, Lagu Gaehwa – Putri 1, Lagu Jineman Jawa – Putra, Lagu Gaehwa – Putri 2.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Jateng Belajar Literasi Berita Bareng AMSI

Mengambil beberapa nada Korea dengan pola pokok lagu Gaehwa, dalam proses penciptaan, Andika menyimpan memori melodi sebagai sumber inspirasi dan gambaran nada. Tidak hanya lagu Gaehwa, beberapa nada lagu tradisional Jawa turut dituangkan mahasiswa ISI Solo ini.

Ada pula unsur Tayub khas Madiun, yang membawa unsur kesenian rakyat. Tayub sebagai salah satu kesenian yang menyertakan ledek atau vokalis wanita sekaligus penghibur di atas panggung, mengingatkan Andika tentang lagu Gaehwa.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Gencarkan Digitalisasi Sistem Pendidikan Menuju Era Industri 4.0

Bidang pendidikan dituntut mengembangkan sistem pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya Jawa berbasis TI menuju smart education.

Al Firdaus, Sekolah International Baccalaureate Pertama di Jawa Tengah

Al Firdaus World Class Islamic School saat memutuskan bekerja sama dengan International Baccalaureate (IB), yayasan pendidikan internasional asal Jenewa, Swiss. Tahun ini Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3-12 tahun serta Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11-14 tahun di Al Firdaus resmi terotorisasi IB.

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Akan Jalani Sudhi Wadani

Putri Presiden Pertama RI, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, pindah ke agama Hindu dan akan menjalani proses Sudhi Wadani di Bali.

Lereng Gunung Batur Di Gianyar Bali Terbakar

Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Batur, Kintamani, kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (21/10/2021) sore.

Siap-Siap, Gerbong Mutasi Lanjutan Pejabat Sukoharjo

Saat ini, jabatan strategis yang masih kosong yakni Asisten II Setda Sukoharjo, Asisten III Setda Sukoharjo dan staf ahli bupati.

Sejarah Hari Ini : 23 Oktober 2011, Simoncelli Kecelakaan di Sepang

Berbagai peristiwa terjadi di dunia pada 23 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Miris! Operator Call Center Basarnas Tewas Dibegal

Seorang pegawai Basarnas menjadi korban begal di Kemayoran, Jakarta Pusat. Korban meninggal dunia akibat dibacok kawanan begal.

Viktor Laiskodat Lulus Doktor UKSW, Angkat Disertasi Wisata NTT

Viktor Laiskodat membuat disertasi berangkat dari dari sebuah permasalahan mengapa masyarakat NTT masih miskin padahal wilayah itu kaya sumber daya alam.

Stok Vaksin Covid-19, Indonesia Kembali Terima Pfizer dan AstraZeneca

Selain menjaga ketersediaan, tambahan vaksin Covid-19 ini juga untuk mengejar target kekebalan kelompok hingga akhir 2021.

Dituding Aktor Utama, Amien Rais Ungkap Detik-Detik Gus Dur Lengser

Amien Rais menolak disebut sebagai aktor utama namun mengakui sebagai bagian dari lengsernya Gus Dur.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Raih Gelar Doktor dari UKSW Salatiga

Viktor meraih gelar Doktor Program Studi Pembangunan dari UKSW dengan nilai IPK 3,92.

Mega Korupsi Jiwa Sraya, 1.200 Aset Belum Laku!

PT Jiwasraya bahkan tercatat memiliki aset gedung di pengujung utara Indonesia, yakni di Pulau Sangihe yang berbatasan dengan Filipina.

Hari Dharma Karyadhika, Kemenkumham Beri Bingkisan Pasien Wisma Atlet

Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham menggelar bakti sosial guna memperingati Hari Dharma Karyadhika.

Wisatawan Asing dari 45 Negara Bisa keThailand Tanpa Wajib Karantina

Wisatawan dari 45 negara berisiko rendah yang sepenuhnya divaksinasi COVID-19 akan dapat mengunjungi Thailand tanpa persyaratan karantina mulai 1 November.

Tinggalkan PAN, Amien Rais: Saya Gagal Mendidik Sikap Mental

Ia mengaku gagal mendidik sikap mental dan moral di PAN yang didirikannya seusai reformasi 1998.