SOLOPOS.COM - Pemberian Materi Vertical Rescue (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Solopos.com, SOLO—Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret atau FK UNS Solo, Noval Bachrul Ulum, 22, ditemukan meninggal setelah sebelumnya dikabarkan terjatuh di Gua Braholo, Gunung Kidul, Minggu (26/3/2023).

Hal itu dikonfirmasi Dekan Fakultas Kedokteran UNS Solo, Reviono, kepada Solopos.com, Minggu (26/3/2023) malam. Dia mengatakan mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa angkatan 2021 asal Tegal. 

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Informasi yang diterima Solopos.com, menyebutkan hasil operasi TIM SAR setempat melaporkan Noval terpeleset dan jatuh ke dalam Gua Braholo di Dusun Ngandong, Kelurahan Purwodadi,  Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ekspedisi Mudik 2024

Tim SAR Gabungan sempat mengevakuasi menggunakan peralatan Vertical Rescue ke dalam Goa Braholo berkedalaman 37 m dan korban ditemukan di dasar gua. 

Nahas, Noval berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan dari dalam gua dengan kondisi meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Wonosari. 

Sedangkan kronologi kejadian berawal dari survei yang dilakukan secara tim sebanyak enam orang. Sedangkan di sekitar gua terdapat empat orang, dua sisanya di pantai Siung.

Terdapat tiga orang yang berada di lokasi kejadian, selain korban, menurut laporan teman korban yakni Nura dan Agra berada di lokasi.

Awalnya, posisi korban sedang mencari tempat achor untuk tambatan tali turun. Sebenarnya, korban sudah menggunakan tali webbing untuk safety. Sedangkan tali safety tersebut dipasangkan di batu.

Saat korban mulai memasangkan padding atau bantalan tali agar tidak friksi, korban malah terpeleset. Lalu batu yang dipasang tali safety tersebut pecah. Besar kemungkinan tidak kuat menahan beban. 

Setelah itu, korban terpeleset sekitar pukul 10.27 WIB. Dilaporkan, beberapa kali teman yang berada di lokasi, sudah berusaha meneriaki nama korban, namun tidak ada jawaban. 

Lalu sekitar pukul 10.37 WIB salah satu teman korban, menuju ke basecamp SAR di Pantai Siung untuk meminta bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya