SOLOPOS.COM - Sebanyak 616 mahasiswa Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo melaksanakan kegiatan Ucap Janji atau Capping Day di kampus setempat, Sabtu (27/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang selalu berupaya meningkatkan mutu dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan mutu dalam pelaksanaan pembelajaran, Universitas Duta Bangsa Solo selalu mempersiapkan mahasiswa dengan baik.

Sebanyak 616 mahasiswa melaksanakan kegiatan Ucap Janji atau Capping Day. Ini merupakan salah satu kegiatan pemasangan cap dan pengucapan janji mahasiswa sebagai bagian dari calon tenaga kesehatan (nakes) yang akan melaksanakan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Kesehatan yang terdiri dari berbagai Program Studi yaitu DIII Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, DIII Kebidanan, DIII Keperawatan, S1 Keperawatan, S1 Farmasi dan S1 Administrasi Rumah Sakit.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Ilmu Kesehatan di Jl. KH. Samanhudi No. 98 Sondakan, Laweyan, Solo, Sabtu (27/5/2023) lalu. Pada tahun akademik 2022/2023, Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Solo telah menerima serangkaian proses pembelajaran mulai dari pembelajaran di ruang kelas, laboratorium dan akan melaksanakan pembelajaran di lahan praktek melalui program praktik lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah seluruh kegiatan belajar mengajar minimal di semester II telah dilaksanakan atau mahasiswa semester II telah mengikuti Ujian Akhir Semester dan yang telah dinyatakan lulus pada ujian praktik dan ujian klinik dengan metode OSCE.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Tominanto, S.Kom., M.Cs yang memberikan sambutan, praktik lapangan sangat penting bagi peserta didik calon tenaga kesehatan. Mahasiswa dapat belajar untuk menghadapi dan melayani pasien secara langsung.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, UDB telah menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) salah satunya dengan melaksanakan program seperti KKN tematik berguna dalam melatih softskill dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dalam masyarakat.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Warsi Maryati juga menghadiri acara tersebut dan memberikan arahan bagi para mahasiswa. “Hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa, ucap janji tidak hanya diucapkan kata-kata, tapi perlu dihayati dan dilaksanakan saat pelaksanaan praktik di lapangan, guna menjaga dan menghormati kerahasiaan medis dan identitas pasien. Sebagai tenaga kesehatan juga harus memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi serta memiliki kompetensi yang baik dengan meningkatkan di bidang keilmuan dan teknologi, serta memahami kebijakan pemerintah terbaru mengenai RUU kesehatan guna menghadapi tantangan bagi tenaga kesehatan di era sekarang,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Solo untuk mempersiapkan mahasiswa agar memahami etika profesi sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang tentunya akan melaksanakan pelayanan kesehatan. Diharapkan mahasiswa mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kompetensinya dan sesuai dengan kode etik profesi, serta tanpa mengesampingkan hak-hak pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya