Mahasiswa dan Penggiat Medsos Direkrut Jadi Duta Damai Dunia Maya

Para Duta Damai Dunia Maya itu berasal dari kalangan mahasiswa dan penggiat media sosial. 

 Kasubdit Kontra Propaganda Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Kolonel Sujatmiko (kanan) bersama Ketua FKPT Sulteng Nur Sangadji (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Palu, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

SOLOPOS.COM - Kasubdit Kontra Propaganda Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Kolonel Sujatmiko (kanan) bersama Ketua FKPT Sulteng Nur Sangadji (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Palu, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Solopos.com, PALU — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membentuk Duta Damai Dunia Maya sebagai upaya untuk menangkap pertumbuhan dan pengembangan radikalisme dan terorisme di Tanah Air.

Para Duta Damai Dunia Maya itu berasal dari kalangan mahasiswa dan penggiat media sosial.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Tujuan pembentukan Duta Damai Dunia Maya ini dalam rangka menangkal radikalisme,” ucap Kasubdit Kontra Propaganda Direktorat Pencegahan BNPT Kolonel Sujatmiko di Palu, Senin (23/5/2022).

BNPT terus berupaya menangkal paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme dengan menggunakan berbagai pendekatan, yang salah satunya mengedepankan pencegahan lewat pembentukan duta damai di seluruh provinsi.

Baca Juga: Densus 88 Sita 791 Kotak Amal di Lampung, Diduga untuk Danai Terorisme

Saat ini, duta damai dunia maya telah dibentuk di 15 provinsi se-Indonesia, termasuk Sulawesi Tengah.

Di Sulawesi Tengah, terdapat 57 kader duta damai yang direkrut oleh BNPT bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sulteng.

Para kader duta damai tersebut merupakan mahasiswa dan pegiat media sosial yang mendapat edukasi terkait peningkatan kapasitas melalui asistensi bidang penulisan, desain komunikasi visual atau pembuat konten, serta bidang teknologi informasi.

Baca Juga: Peringati 19 Tahun Bom Bali, BNPT: Waspadai Terorisme!

Kepada para Duta Damai Dunia Maya, Sujatmiko mengingatkan penyebaran radikalisme dan terorisme menjadi salah satu masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.

Radikalisme dan terorisme menjadi musuh negara karena memberikan ancaman terhadap ideologi negara serta kesatuan dan persatuan bangsa.

Dia mengatakan kelompok radikalisme dan terorisme cenderung memanipulasi dan membentuk politisasi agama dalam gerakannya, yang tidak lain untuk kepentingan paham dan gerakan mereka.

Baca Juga: The Habibie Center: Pandemi Ubah Wajah Radikalisme

Selain itu, kelompok dengan paham radikal dan teroris itu cenderung memusuhi kelompok lain yang tidak sependapat dengan paham mereka.

“Selain menggunakan ideologi agama, indikator kedua yaitu takfiri, yaitu selalu menyalahkan dan mengkafirkan kelompok yang tidak sependapat dengan mereka,” tambahnya.

Terakhir, kelompok radikalisme dan terorisme bersikap anti terhadap tasawuf dan tarekat. Padahal, lanjutnya, substansi dari tasawuf dan tarekat adalah sikap rendah hati, yang sejalan dengan anjuran agama untuk bersikap rendah hati kepada setiap manusia.

Baca Juga: Polres Sukoharjo Gelar Kajian Ramadan Bareng Eks Napi Teroris

Berkaitan dengan itu, Ketua FKPT Provinsi Sulteng M. Nur Sangadji mengatakan seluruh elemen dan komponen bangsa harus mengarusutamakan penanggulangan radikalisme dan terorisme.

“Maka, duta damai dunia maya, yang merupakan para mahasiswa sebagai kaum intelektual, harus mengambil peran dalam menangkal radikalisme dan terorisme,” kata Nur Sangadji.

Ia menyebutkan saat ini terdapat empat masalah yang dihadapi bangsa Indonesia, yakni radikalisme dan terorisme, korupsi, narkoba, dan ancaman bencana alam dan non-alam.

Baca Juga: Satgas Madago Raya Tembak Mati Satu DPO Teroris MIT di Sulteng

“Penanggulangan radikalisme dan terorisme masuk sebagai salah satu problem prioritas yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Berita Terkini

Iduladha, Arab Saudi Tetapkan 9 Juli 2022, Indonesia 10 Juli 2022

Arab Saudi juga menetapkan awal Dzulhidjah pada 30 Juni 2022, dan hari wukuf arafah pada 8 Juli 2022.

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Solopos Hari Ini: Misi Perdamaian Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Mariinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Ini menjadi sejarah baru Indonesia membawa misi perdamaian di Eropa timur.

Metal Progresif Peraih Grammy Awards Segera Bergema di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Sejarah Hari Ini: 30 Juni 2015, Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 30 Juni.

Seusai dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia dan Terbang ke Rusia

Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Tilang Berbasis ETLE Baru di Tiga Provinsi, Salah Satunya Jateng

Melalui ELTE diketahui banyak pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dan mendapatkan bukti pelanggaran (tilang).

Jangan Ditiru! Mahasiswi Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai VI

Mahasiswi tersebut diduga melompat dari lantai VI.

Usai Lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Polandia

Setelah menyelesaikan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Rabu (29/6/2022), rombongan Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia.

Kamis, Yusuf Mansur Wisuda 80 Santri Program Gratis Daarul Quran

Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus adalah cabang dari Daarul Quran yang membebaskan santrinya dari kewajiban membayar alias gratis biaya pendidikan.

Yusuf Mansur Jual Rumah, Orang Dekat: Ustaz Tidak Bangkrut!

Orang dekat Yusuf Mansur, Dwi Makmun, menyayangkan informasi yang berkembang di media sosial bahwa dai kondang itu menjual aset karena bangkrut. 

Yusuf Mansur Jual Rumah untuk Tutup Utang Walisantri Daqu

Yusuf Mansur beralasan, penjualan rumah dan aset itu untuk menutup utang walisantri di Ponpes Daarul Quran yang mencapai Rp20 miliar.

Pemerintah Tetapkan Iduladha 2022 Jatuh pada 10 Juli

Sidang isbat Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022, sehingga Iduladha akan jatuh pada 10 Juli.

Tak Hanya Pertalite, Beli Elpiji 3 Kg Juga Bakal Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga, Rabu (29/6/2022), menyatakan bakal membatasi pembelian elpiji 3 kg lewat aplikasi MyPertamina.

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.