SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Sejak Selasa (4/9) kemarin, sejumlah mahasiswa membantu pembuatan pupuk organik bagi warga Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul.

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja, Beni Wijaya, mengatakan pihaknya membantu warga membuat pupuk organik pada Selasa (4/9) sampai Kamis (6/9). Lokasi pembuatannya di RT I, II, III, IV, V Dusun Gabug.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada tiga rombongan yaitu rombongan Ngerang, Ndokmiri dan Dimoro,” kata Beni kepada Harian Jogja, Rabu (5/9).
Kegiatan itu diharapkan mampu menjadi solusi karena harga pupuk kimia semakin mahal.

Menurutnya, pupuk organik diharapkan mampu memperbaiki kualitas tanaman hasil panen dan lahan pertanian masyarakat. Beni mengatakan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang terlibat kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Posdaya Kelompok 35, Giricahyo 2, Angkatan 77 UIN Sunan Kalijaga mengembangkan konsep Gabug Bersodaqoh Sampah.

“Konsep ini menekankan pada sustainable development di mana kegiatan masyarakat akan terus berlangsung setelah program KKN berakhir. Masyarakat adalah subjek dalam program kegiatan kali ini karena semuanya dilakukan dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat,” kata Beni.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya