SOLOPOS.COM - Mahasiswa S3 di Queen’s Universitry UK, Azam David Saefullah (kiri depan) melambaikan dua jari saat berfoto bersama dengan mahasiswa Indonesia lainnya di depan kampunya di UK belum lama ini. (Istimewa)

Soloopos.com, JOGJA - Seorang dosen keperawatan di Universitas Gajah Mada (UGM) Azam David Saefullah baru September 2019 lalu berangkat ke Belfast, NorthernIreland, United Kingdom (UK).

Dosen tetap non pegawai negeri sipil (PNS) itu ke Inggris untuk menepuh kuliah S3 lewat program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Viral Beasiswa Jalur Teh Gelas, UGM Angkat Bicara

Azam lahir di Magelang, tahun 1989 silam tetapi sejak kecil tinggal di Sragen. Putra sulung pasangan Sarengat dan Sri Widati itu menamatkan pendidikan di SDN 4 Sragen, SMPN 1 Sragen, dan SMAN 1 Sragen.

Sarjana S1 dan profesi keperawatan ditamatkan Azam di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada 2012 lalu. Setelah lulus, ia melanjutkan studi S2 Keperawatan di National Cheng Kung University, Taiwan, dan lulus 2016.

Duh, Minat Ajukan Beasiswa Pelajar Batang Amat Rendah

Ia sempat menjadi dosen kontrak di Keperawatan Undip selama dua tahun setelah lulus S2. Kemudian pindah mengajar di Stikes selama lima bulan kemudian diterima sebagai dosen tetap non PNS di UGM sejak 2017 sampai sekarang.

“Iya ini saya berangkat September lalu. Sekarang tinggal di Belfast dekat kampus. Studi saya berkaitan dengan dimensia,” ujarnya saat dihubungi Espos menggunakan fasilitas Whatsapp, Rabu (19/2/2020) malam.

Kabar Baik! Staimas Wonogiri Beri Beasiswa Untuk Hafiz

Azam dipercaya teman-teman sesama mahasiswa asal Indonesia sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belfast periode 2019-2020. Dia menyampaikan kegiatan di PPI cukup banyak, mulai dari kegiatan akademik, olahraga bareng, perayaan hari besar nasional, sampai kegiatan budaya.

Pada Februari ini, Azam akan menggelar festival budaya Indonesia dengan nama Artindonesia 4.0. Festival tersebut digelar setiap tahun dan angka 4.0 menunjukan tahun keempat gelaran Artindonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama PPI Belfast dengan Ikatan Warga Indonesia di Northern Ireland (IANI) dan disponsori Kedutaan Besar RI.

Pendaftaran Beasiswa Mahasiswa Wonogiri Sudah Dibuka, Sabtu-Minggu Tetap Dilayani

“Kegiatan banyak, seperti tarian, lagu daerah, drama, musik daerah, dan promosi wisata Indonesia. Pada kegiatan tahun fokus promosi untuk Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Acara itu akan digelar 29 Februari mendatang. Kegiatan akan ditutup dengan flashmob dengan tarian lagu Selenda Sutra. Kuliner Indonesia juga disajikan,” ujarnya yang masih lajang itu.

Azam menyebut ada 70 orang mahasiswa yang kuliah di Ireland untuk jenjang pendidikan S1-S3. Namun yang terlibat dalam panitia festival budaya itu sekitar 30 orang. Pada tahun lalu dihadiri 300 orang dan di tahun ini ditargetkan bisa menghadirkan 250 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya