SOLOPOS.COM - ilustrasi

Jakarta (Solopos.com)–Sudah seharusnya mahasiswa melakukan terobosan kreatif. Seperti yang dilakukan mahasiswa dari Institut Teknologi Georgia, Amerika Serikat (AS) yang tengah mengembangkan sebuah bus sekolah dengan berbekal bahan bakar minyak goreng.

Bus sekolah berbahan bakar minyak goreng itu adalah pertama di Amerika Serikat yang dibiayai oleh komunitas Ford dengan dana senilai US$ 50.000 atau sekitar Rp 429 juta.

Projek tersebut diharapkan menjadi titik awal untuk sebuah bus sekolah ramah lingkungan di masa mendatang. Adapun minyak goreng rumahan dikonversi ke biofuel yang menghasilkan zat bakar dan berguna untuk menggerakan mesin bus.

Untuk menghasilkan truk berbahan bakar minyak goreng tersebut, para mahasiswa dibantu oleh produsen mobil asal AS, Ford seperti dilansir autoevolution, Selasa (17/5/2011), dan dipimpin oleh Asisten Profesor Teknologi Georgia, Michael Leamy.

Sementara itu bus sekolah disumbangkan oleh Atlanta Public Schools (APS). Tujuan untuk menghasilkan bus sekolah berbahan bakar minyak goreng di antaranya untuk menurunkan emisi gas buang bus sekolah yang selama ini dikenal sebagai kendaraan tidak ramah lingkungan di AS.

Saat ini tahap pemasangan instalasi mesin sedang dilakukan oleh para mahasiswa. Dan dalam waktu dekat proyek bus sekolah berbahan bakar minyak goreng akan rampung.

“Bersama dengan Jurusan Teknik Mesin Georgia dan APS, kita membuat inovasi dari ruang kelas untuk masyarakat,” ujar President Ford Motor Company Fund and Community Services, Jim Vella.

“Ini adalah contoh penting dari semua jenis program kami yang kami membawa ke pihak sekolah sebagai bagian dari kerjasama baru kami,” tutupnya.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya