Maguire Kian Dekat ke MU, Nilai Transfer Capai Rp1,3 T
Harry Maguire (Reuters-Carlos Garcia)

Solopos.com, MANCHESTER — Predikat bek termahal sepanjang sejarah yang disandang Matthijs de Ligt berpotensi hanya bertahan kurang dari sepekan. Hal ini setelah Manchester United (MU) dikabarkan menyepakati transfer bek Leicester City, Harry Maguire senilai 80 juta poundsterling (88 juta euro) atau setara Rp1,3 triliun. Megatransfer itu lebih tinggi sekitar tiga juta euro ketimbang de Ligt ketika didatangkan Juventus dari Ajax Amsterdam.

Maguire memang sudah menjadi incaran Setan Merah sejak musim lalu. MU sempat mengajukan penawaran 70 juta poundsterling atau Rp1,2 triliun di bursa transfer musim panas ini tapi ditolak. Penolakan itu tak lepas dari campur tangan Pelatih Leicester, Brendan Rodgers, yang enggan bek andalannya hijrah ke klub lain.

Media Inggris seperti Bleacher Report dan Independent meyakini kesepakatan kini telah terwujud di angka 80 juta poundsterling. Jika laporan tersebut benar, maka MU telah menghabiskan dana 148 juta poundsterling atau Rp2,5 triliun hanya untuk mendatangkan tiga pemain! Sebelumnya United telah mendatangkan gelandang muda Daniel James serta bek sayap Aaron Wan-Bissaka.

Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer, mengklaim kebijakan transfer Setan Merah sangat transparan. Solskjaer mengetahui MU akan mengeluarkan dana besar untuk merekrut pemain baru.

Menurut dia, banyak klub yang menilai MU memiliki dana berlimpah sehingga terkadang tim harus mengeluarkan dana lebih banyak untuk membeli pemain. “Mungkin kami harus membayar premi yang lebih besar, begitulah siklus dunia tempat kita hidup,” ujar Solskjaer.

Maguire kemungkinan besar bakal dipasangkan dengan Victor Lindelof di jantung pertahanan tim, dengan Eric Bailly dan Phil Jones sebagai pelapis. Kehadiran bek 26 tahun itu diprediksi membuat karier Marcos Rojo di Old Trafford tinggal menghitung hari.

Solskjaer menegaskan keberadaan pemain baru yang berkualitas sangat penting lantaran persaingan di Liga Premier kian sengit. “ Liga ini sangat kompetitif. Ada enam tim yang berebut tempat untuk Liga Champions. Kami harus berkembang, memastikan bahwa United bisa melangkah ke atas,” ujarnya dilansir Metro.  

Di sisi lain, kabar pembelian Maguire mendapat sindiran sejumlah pihak. Pandit Talk Sports, Dean Saunders, menilai bek Timnas Inggris itu tak layak dihargai hingga Rp1,3 triliun. Eks striker Aston Villa dan Liverpool ini menganggap bek Tottenham, Toby Alderweireld, masih lebih baik ketimbang Maguire.

“Apakah Anda akan memilih Alderweireld untuk 25 juta poundsterling atau Maguire untuk 80 juta poundsterling? Dia [Alderweireld] memang sudah berusia 30 tahun, tapi dia pemain yang lebih baik,” ujarnya. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom