SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magelang mendapat pengakuan sebagai kabupaten yang peduli terhadap hak asasi manusia (HAM).

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meraih predikat sebagai kabupaten/kota peduli hak asasi manusia (HAM) tingkat nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pemkab Magelang meraih predikat tersebut karena dinilai memiliki komitmen kuat dalam mengupayakan terpenuhinya hak-hak warga masyarakatnya,” kata Kasubag Bantuan Hukum dan HAM, Bagian Hukum Setda Magelang, Sarifudin di Magelang, Kamis (10/12/2015).

Ia mengatakan sudah ada undangan untuk Bupati Magelang ke Istana Negara pada Jumat (11/12/2015) guna mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten/kota peduli HAM.

Selain Kabupaten Magelang, terdapat 26 kabupaten/kota lain di Jawa Tengah yang menerima penghargaan tersebut.

Kepala Bagian Hukum Setda Magelang, Idam Laksana mengatakan keberhasilan Kabupaten Magelang meraih prestasi tersebut karena terpenuhinya lima hak yaitu penilaian terhadap hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, dan hak perempuan.

“Dasar penilaian kabupaten/kota peduli HAM adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 25 Tahun 2013 tentang perubahan atas Permenkumham nomor 11 Tahun 2013 tentang kriteria Kabupaten/kota peduli HAM,” katanya.

Hari HAM dirayakan setiap tahun oleh banyak negara di seluruh dunia pada 10 Desember. Hal ini dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum humanis.

“Tanggal 10 Desember dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948. Peringatan dimulai sejak 1950 ketika Majelis Umum mengundang semua negara dan organisasi yang peduli untuk merayakannya,¿ katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya