Peserta jalan sehat HUT Ke-74 RI di Kota Magelang, Minggu (18/8/2019). (Antara-Humas Pemkot Magelang)

Solopos.com, MAGELANG — Kota Magelang mencoba mengaitkan acara jalan sehat dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia dengan promosi pariwisata setempat. Impian event lokal itu bakal mendongkrak minat dan angka kunjungan wisata itu dikemukakan oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Menurutnya, jalan sehat dalam rangka HUT Ke-74 RI selain untuk olahraga juga sekaligus promosi jitu potensi wisata daerah setempat. ”Lewat kegiatan olahraga, tak hanya menyehatkan, tetapi juga menjadi promosi jitu dalam mengangkat potensi pariwisata di Kota Magelang. Warga bisa memanfaatkan momen ini, kemudian mengunggahnya di media sosial, dan efeknya pasti akan sangat positif,” tuturnya dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang yang diterima Kantor Berita Antara, Senin (19/8/2019).

Sekitar 15.000 orang mengikuti jalan sehat melewati sejumlah ruas jalan di Kota Magelang, Minggu (18/8/2019). Rute yang ditempuh jalan sehat itu sejauh 4,3 km, mulai dari alun-alun setempat, Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. Diponegoro, Jl. Pahlawan, Jl. Abdurahman Saleh, Jl. A. Yani, dan berakhir di Alun-Alun Kota Magelang.

Wali Kota Sigit mengangkat bendera start sebagai tanda pemberangkatan peserta jalan sehat tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan itu bagian dari ungkapan syukur warga atas kemerdekaan Indonesia yang tahun ini diperingati sebagai ke-74 tahun dan ungkapan syukur atas pencapaian kemajuan pembangunan di kota setempat.

”Kita bersyukur kepada Allah SWT akan karunia dan anugerah pencapaian yang baik, segudang prestasi, keindahan, kebersihan, kenyamanan, ketertiban oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Jarwadi mengatakan rute jalan sehat dalam rangkaian perayaan HUT RI tahun ini berbeda dengan tahun lalu. ”Jalan sehat memang momen untuk berolahraga bersama, bergembira, masyarakat kumpul. Selain itu, juga membangun silaturahmi sekaligus mengenalkan potensi dan kondisi di setiap sisi Kota Magelang,” ujarnya.

Ia menyebut jalan sehat kali ini termasuk paling spektakuler dibandingkan dengan tahun sebelumnya, antara lain karena tidak hanya diikuti warga Kota Magelang namun juga warga luar daerah itu. ”Pesertanya menjadi yang terbanyak kali ini. Kita menyediakan tiga sepeda motor sebagai hadiah utama, dari bantuan CSR, BUMD, dan masyarakat. Hadiah lain, seperti sepeda gunung, LED, kulkas, dispenser, dan ratusan ‘doorprice’,” katanya didampingi Kabid Olahraga Disporapar Kota Magelang Subarkah.

“>KLIK dan “>LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten