Kategori: Jateng

Magelang Diterjang Angin Kecang, Puluhan Pohon Tumbang


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, MAGELANG -- Akibat diterjang angin kencang, sebanyak 32 pohon di Kota Magelang Tumbang. Selain itu tiga gazebo di obyek wisata Taman Kyai Langgeng rusak tertimpa pohon,

Video kerusakan di Taman Kyai Langgeng itu beredar di media sosial. Dalam video berdurasi kurang dari semenit itu, tampak sejumlah meja hingga perabotan di kios pedagang berantakan karena angin kencang.

"Pohon yang tumbang di Taman Kyai Langgeng ada sembilan, kemudian ada tiga gazebo pedagang yang tertimpa," kata Direktur Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto saat dimintai konfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (5/11/2020).

Status Gunung Merapi Naik Jadi Siaga, Ganjar: Warga Jangan Panik!

Edy menyebut peristiwa angin kencang bersamaan dengan hujan deras terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya puluhan pohon tumbang.

"Tadi kejadian, sekitar jam 15.30-an. Alhamdulillah pegawai dan pengunjung tidak terjadi masalah," ujar Edy dilansir dari Detik.com.

Tegas! TNI Polri Ikut Enyahkan 3 Jebakan Tikus Berlistrik di Masaran Sragen

Sementara itu, dari data BPBD Kota Magelang, Otros Trianto, mencatat hujan dan angin kencang itu mengakibatkan 32 pohon tumbang di kawasan SMPN 7 Kota Magelang. Kegiatan pembersihan juga sudah dilakukan sejak hujan mereda.

"Sesuai laporan total 32 pohon tumbang. Pembersihan tadi dilakukan mulai jam 15.00 WIB," kata Otros.

Awan Topi Muncul di Puncak Lawu, BMKG: Awas Turbulensi!

Otros menyebut sekitar 50 orang dilibatkan untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Tim itu terdiri dari anggota Damkar hingga pasukan bencana Kota Magelang.

"Personel DLH 50 orang terdiri dari pasukan penebang pohon dan kebersihan, Satpol PP Linmas dan Damkar 20 orang, PMI, DPU PR 10 orang, Garda Rescue dan pasukan bantuan bencana Kabupaten Magelang 20 orang," ujar Otros.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi