SOLOPOS.COM - Ilustrasi magang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Magang ke Jepang ditawarkan Pemerintah Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY membuka pendaftaran program pemagangan ke Jepang.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Namun, kebanyakan peminatnya bukan berasal dari kalangan masyarakat DIY, melainkan justru Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pemagangan Dinsosnakertrans DIY, Reni Ekawati Chasanah, selepas sosialisasi program pemagangan ke Jepang di Balai Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Selasa (16/2/2016).

“Sudah ada sekitar 500 orang yang daftar tapi lebih banyak warga Jawa Tengah dibanding DIY,” kata Reni.

Reni mengakui jika sosialisasi belum berjalan efektif sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja RI dengan International Manpower Development Organization Japan (IM JAPAN).

Dia lalu berharap peserta sosialisasi bisa membantu menyebarkan informasi mengenai pemagangan ke Jepang, setidaknya melalui brosur maupun poster yang diberikan. “Tahun ini ada 12 lokasi yang jadi sasaran sosialisasi di seluruh kabupaten/kota di DIY,” ujar Reni.

Pendaftaran program pemagangan ke Jepang telah dibuka sejak 4 Januari lalu hingga 11 Maret nanti. Rangkaian seleksi selanjutnya dilaksanakan pada 28 Maret hingga 1 April nanti. Mereka yang lolos seleksi berhak mengikuti pemagangan selama tiga tahun dengan gaji sekitar 80.000-100.000 yen per bulan.

Meski demikian, Reni menyadari jika persyaratan yang ditentukan relatif ketat. Dia menyontohkan calon peserta tidak boleh memiliki cacat tubuh maupun penyakit tertentu. Mereka disarankan menjalani pengobatan secara mandiri sebelum seleksi.

Pemda DIY hanya memfasilitasi persiapan praseleksi berupa pelatihan gratis. Jika lolos seleksi, calon peserta yang merupakan penduduk DIY kemudian berhak mendapatkan subsidi untuk mengikuti medical check-up.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya