MAFIA MIGAS : Perangi Mafia Migas, Faisal Basri Gandeng LSM

 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said (kanan) berbincang dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno (kiri), dan Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri seusai konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (16/11/2014). Pemerintah melalui Kementerian ESDM membentuk Komite Reformasi Tata Kelola Migas, dengan menunjuk Ekonom Faisal Basri sebagai ketuanya. Tim ini dibentuk khusus untuk menyelesaikan tata kelola sekaligus memberantas mafia migas.  (Rachman/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said (kanan) berbincang dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno (kiri), dan Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri seusai konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (16/11/2014). Pemerintah melalui Kementerian ESDM membentuk Komite Reformasi Tata Kelola Migas, dengan menunjuk Ekonom Faisal Basri sebagai ketuanya. Tim ini dibentuk khusus untuk menyelesaikan tata kelola sekaligus memberantas mafia migas. (Rachman/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah membentuk Komite Reformasi Tata Kelola Migas yang diharapkan mampu memberantas praktik mafia migas di Indonesia. Komite itu diketuai ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri.

Dalam konferensi pers di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Minggu (16/11/2014), Faisal Basri menyatakan akan menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam timnya. Selebihnya, ia mengaku belum bisa membeberkan rencana kerja tim tersebut karena baru ditunjuk oleh Menteri ESDM, Minggu pagi.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Pelibatan LSM dalam tim itu, kata Faisal, adalah agar juga memperoleh pemahaman dari pemerintah, dunia usaha, LSM dan masyarakat. “Saya harap dengan adanya tim ini bisa menjadi berkah agar sumber daya alam yang dimiliki Indonesia bisa digunakan untuk masyarakat,” katanya.

Untuk saat ini, Faisal enggan menyebutkan nama-nama pihak yang diduga menjadi mafia migas. “Kalau enggak diamanahkan, saya enggak mau ngomong,” ucap dia.

Efektivitas Rendah
Menurut Faisal, tujuan pembentukan komite ini adalah untuk membantu pemerintah dalam memperkuat institusi pengelolaan migas. “Institusi yang benar adalah yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas. Kegiatan migas banyak yang efektivitasnya rendah,” katanya.

Selain itu, lanjut Faisal, Komite Reformasi Tata Kelola Migas disarankan juga menjadi pendorong industrialisasi migas. Misalnya melalui pembangunan kilang-kilang minyak.

“Kalau kita enggak bangun kilang, kita kehilangan kesempatan untuk produksi kondenat yang merupakan bahan baku petrokimia. Impor barang plastik terbesar nomor empat, kimia organik terbesar kelima. Bayangkan, kita enggak punya industri ini jadi kita impor banyak,” paparnya.

Kemudian, tambah Faisal, Komite Reformasi Tata Kelola Migas juga aka bergerak untuk menjaga fiskal. Saat ini, APBN tengah mengalami defisit karena penerimaan migas lebih kecil dibanding pengeluarannya.

“Penerimaan negara dari PPh [Pajak Penghasilan] minyak dan bagi hasil minyak dibandingkan subsidi sekarang kan sedang defisit. Pendapatan lebih kecil dari pengeluaran migas,” katanya. (JIBI/Solopos/Detik)

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

+ PLUS Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengajak banyak pemangku kepentingan berkolaborasi merevitalisasi bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan satu dari 38 bahasa daerah yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

Berita Terkini

Hari Senin Cerah Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Boyolali 27 Juni 2022

Artikel ini menyajikan prakiraan cuaca Boyolali Senin (27/6/2022),

Tak Ada Potensi Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Kota Solo Senin 27 Juni

Prakiraan cuaca BMKG untuk Kota Solo hari ini, Senin (27/6/2022), tidak menunjukkan ada potensi hujan sepanjang hari.

Semangat Kerja! Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Senin 27 Juni 2022

Ini dia prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo pada Hari Senin (27/6/2022).

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Stabil Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Madiun Senin: Cerah Berawan Sepanjang Hari Lur!

Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Senin (27/6/2022) dari BMKG.

Prakiraan Cuaca Jogja Senin: Berawan Pagi-Siang, Hujan pada Sore Hari

Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Senin (27/6/2022).

Hidupi 3 Anak, Segini Penghasilan Ibu Kakak-Beradik Pemulung di Solo

Ibu kakak-beradik yang menjadi pemulung di Kota Solo menceritakan perjuangannya menghidupi tiga anak dengan penghasilannya dari menjual barang rongsokan.

SoloKeren #2: Milenial Melek Digital, Tak Perlu Takut Nabung di Bank

Acara SoloKeren #2 yang digelar di Edutorium UMS Solo mengajak generasi milenial tidak perlu takut menabung di bank karena ada jaminan dari LPS.

Ibunda Bagas Pemulung Cilik Di Solo Ternyata Punya Kisah Memilukan

Ibunda Bagas dan Risky, dua kakak beradik yang jadi pemulung di Solo ternyata pernah mengalami kejadian traumatis di masa lalu.

Ternyata Ini Resep Awet Muda Donna Harun, Mau Coba?

Donna Harun mengaku bingung bila ditanya resep awet muda.

Agensi Bantah Rumor Pernikahan RM BTS

Beredar rumor pernikahan artis RM BTS, namun pihak agensi  membantah hal tersebut.

Keren! Fitur Hyundai Creta Melimpah

Selama perjalanan, Tim Ekspedisi Energi 2022 ditemani Hyundai Creta.

Daftar Pemenang Lomba Menulis Cerpen Solopos Edufest, Adakah Nama Kamu?

Berikut ini nama pemenang Lomba Menulis Cerpen Solopos Edufest 2022.