Kategori: Wonogiri

Madrasah di Wonogiri Gelar Uji Coba PTM Tahap 2 Akan Ditambah


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI -- Madrasah yang menggelar pembelajaran tatap muka atau PTM tahap kedua di Wonogiri akan bertambah. Pekan ini pembelajaran sekolah di Wonogiri dilakukan secara online sembari menunggu hasil evaluasi PTM tahap pertama.

Kepala Kementerian Agama Wonogiri, Cahyo Sukmana, mengatakan pada awal uji coba PTM 5-17 April 2021, telah dilaksanakan uji coba PTM di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonogiri. Dalam pelaksanaannya tidak ada permasalahan yang berarti.

"Uji coba PTM tahap kedua akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan juga. Namun untuk kapan waktu pelaksanaanya belum ada pemberitahuan," kata dia saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Diperpanjang, Begini Langkah Bupati Wonogiri

Menurut Cahyo, jumlah madrasah yang akan menggelar PTM tahap kedua dimungkinkan bertambah. Hingga kini Kemenag Wonogiri masih diberi waktu untuk mengusulkan dan mendaftarkan madrasah yang akan menggelar PTM.

"Di Wonogiri ini ada ada satu MAN dan lima Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN). Kami berharap madrasah yang mengikuti uji coba PTM tahap dua nanti bisa menerapkan protokol kesehatan ketat," kata ungkap dia.

Uji Coba Berjalan hingga Rampung

Cahyo menjelaskan sebelum uji coba PTM tahap pertama ada salah satu guru MAN yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun kasus itu terjadi sebelum uji coba PTM dilaksanakan. Sehingga, uji coba di madrasah itu tetap berjalan hingga rampung.

"Guru itu menjalani isolasi mandiri. Selama menjalani isolasi mandiri sudah dites rapid antigen dua kali dan dinyatakan negatif," kata Cahyo.

Baca juga: Kisah Pilu Di Balik Lahirnya Proyek Wisata WGM Wonogiri Jadi Mirip Guatape

Belum lama ini, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Gino, kepada Solopos.com, mengatakan uji coba PTM kedua di Wonogiri akan dimulai pekan depan, Senin (26/4/2021).

"Ada pengusulan jumlah sekolah yang ikut PTM tahap kedua di tambah. Termasuk mengganti SDN 2 Baturetno yang belum bisa menggelar uji coba karena ada guru yang dinyatakan positif Covid-19. Namun keputusan resmi baru akan disampaikan setelah mendapatkan persetujuan dari Bupati dan Satgas Covid-19," kata Gino.

Kepala Sekolah SMPN 1 Wonogiri, Sri Nuryati, mengatakan pada pekan ini merupakan jadwal evaluasi uji PTM tahap pertama. Seluruh siswa melakukan pembelajaran secara daring. Sehingga ujian sekolah yang terjadwal pekan ini dilaksanakan penuh secara online, tidak ada yang dilakukan di sekolah.

"Kalau evaluasi kami selama dua pekan menyelenggarakan uji coba PTM berjalan lancar. Sehingga diharapkan pada uji coba kedua nanti para siswa dan guru sudah terbiasa menerapkan protokol kesehatan saat belajar-mengajar," kata Sri Nuryati.

Baca juga: Bak Guatape Dam Kolombia, WGM Wonogiri akan Dilengkapi Pedestrian Kaca hingga Infinity Pool

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati