SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR – Macan tutul yang menebar teror di lereng Gunung Lawu akhirnya tertangkap. Warga Desa Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, dibuat heboh dengan tertangkapnya seekor macan tutul, Sabtu (22/12/2018), pagi. Kini, macan tutul tersebut menjadi tontonan warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan Solopos, Sri Sumi Handayani, di lokasi kejadian, macan tutul yang selama ini meresahkan warga karena memangsa hewan ternak masuk ke dalam perangkap. Adapun perangkap tersebut dipasang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), sejak 26 November 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 Warga mendatangi lokasi perangkap macan tutul Gunung Lawu yang meresahkan. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Pihak BKSDA memasang perangkap tersebut untuk mengantisipasi serangan macan tutul yang membahayakan hewan ternak. Setelah sekian lama dipasang, akhirnya perangkap tersebut berhasil menjebak macan tutul yang selama ini berkeliaran dan menyerang hewan ternak milik warga setempat.

Keberadaan macan tutul di dalam perangkap milik BKSDA disadari warga pada Sabtu sekitar pukul 05.00 WIB. Kini, perangkap berisi macan tutul itu pun menjadi objek wisata dadakan. Warga mendatangi lokasi tersebut untuk melihat wujud macan tutul yang meresahkan.

 Polisi memasang police line di sekitar perangkap macan tutul Gunung Lawu. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Namun, pihak kepolisian memasang police line di sekitar perangkap berisi macan tutul yang terletak di belakang kandang milik warga Dusun Gondang, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Meski demikian, masih ada sejumlah warga setempat dan daerah lain seperti Desa Sepanjang, Tawangmangu, yang sengaja datang untuk melihat wujud macan tutul tersebut.

Kabar tertangkapnya macan tutul Gunung Lawu tersebut menjadi perbincangan hangat di beberapa forum Internet warga Solo dan sekitarnya. Warganet berharap macan tutul tersebut tidak disiksa dan segera dilepaskan ke habitat asalnya.

“Tolong dikembalikan ke habitatnya. Dia sampai mencuri ke rumah warga pasti ada sesuatu di habitatnya. Atau ada yang menangkap anaknya?” tulis pengguna akun Instagram @_amelia.ys.

“Satwa langka dan dilindungi itu,” sambung @arno.onrameos.

“Macan bisa menyerang hewan ternak. Mungkin habitatnya sudah dirusak manusia,” imbuh @drhandamari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya