Mabes Polri: Jangan Lengah, Corona Belum Musnah!

Indonesia kembali menerima 684.900 dosis vaksin AstraZeneca yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu.

 Sejumlah siswa MTs Negeri 3 Sragen berfoto bersama dengan membawa poster berisi kampanye vaksinasi seusai mengikuti vaksinasi di sekolah setempat, Selasa (21/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa MTs Negeri 3 Sragen berfoto bersama dengan membawa poster berisi kampanye vaksinasi seusai mengikuti vaksinasi di sekolah setempat, Selasa (21/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Penurunan laju positif Covid-19 di Indonesia diharapkan tidak membuat warga merasa terbuai dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Kabag Pelayanan Informasi, Dokumentasi, Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Tjahyono Saputro, menyebut angka kasus harian positif Covid-19 tertinggi di Indonesia terjadi pada pekan ketiga pada Juli 2021 yakni 313.784 kasus.

Jumlah kasus itu terus menurun hingga pada 15 Agustus 2021 jumlah kasus berada di angka 56.757 kasus.

Jangan Lengah

“Tingginya kasus Covid-19 berdampak negatif terhadap semua sektor kehidupan seperti kesehatan, ekonomi dan pendidikan. Oleh sebab itu, sejumlah program kita galakkan seperti penyaluran bantuan sosial, percepatan vaksinasi dengan menjalin kerja sama dengan TNI, penyediaan tenaga medis, membentuk Kampung Tangguh Nusantara dan penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan,” papar Tjahyono Saputro dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema Awas Jangan Lengah, Covid-19 Belum Musnah yang disiarkan secara daring, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Tertabrak Truk di Jalan Solo-Sragen, Pasutri Meninggal, Anak Patah Tulang

Secara kumulatif, kata Tjahyono, Polri telah menyalurkan bantuan sosial yang melibatkan 332 organisasi masyarakat (ormas), pembagian 163.466 paket sembako dan 749.171 kg beras.

Polri juga membagikan konsentrator oksigen dan iso tank oksigen kepada sejumlah rumah sakit. Polri menurunkan 40.336 Bhabinkamtibmas sebagai tracer guna mendeteksi dini persebaran Covid-19.

Saat ini, Polri telah menyiagakan 13.500 personel tenaga kesehatan sebagai vaksinator.

684.900 Dosis AstraZeneca

“Seperti kata Kapolri, kita tidak boleh terbuai dengan menurunnya laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia. Kita harus melakukan dan menegakkan strategi pengendalian Covid-19 yakni disiplin protokol kesehatan dengan 3M [memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak] dan penguatan 3T [tracing, testing dan treatment],” ujar TJahyono.

Juru Bicara Vaksinasi, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan Indonesia kembali menerima 684.900 dosis vaksin AstraZeneca yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu.

Baca Juga: Ngeri! Penambang Pasir Sragen Kerap Temukan Tengkorak Manusia di Bengawan Solo

Dengan tambahan itu, maka total vaksin AstraZeneca yang tiba di tanah air mencapai 24.520.300 dosis. “Total vaksin yang tiba di Indonesia dalam bentuk bahan baku dan jadi adalah 268.235.300 dosis,” papar Siti Nadia.

Siti Nadia menyebut capaian vaksinasi dosis pertama untuk kelompok remaja usia 12-17 tahun saat ini baru mencapai 12,68%.

Sementara capaian vaksinasi dosis kedua berada di angka 8,68%. Nadia berharap program vaksinasi ini terus disosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat.

Orang tua diharapkan mendorong anak-anaknya mengikuti program vaksinasi. Sebaliknya, sebagai generasi muda diharapkan bisa mendorong kalangan lansia untuk mengikuti vaksinasi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.

Korsleting, Rumah Warga Senden Klaten Kebakaran

Musibah kebakaran melanda rumah warga di Kundenrejo RT 012/RW 005, Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (23/10/2021) pagi.

BMKG Perkirakan Cuaca Buruk Landa Soloraya, Waspada Banjir & Longsor

BMKG memprediksi cuaca buruk landa Soloraya, warga diminta hindari kawasan rawan banjir dan longsor.

1 Meninggal Akibat Perkelahian 2 Sahabat, Pelaku Dikenal Jagoan Kampung

Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, yang tega membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, dikenal sebagai jagoan kampung.

Sempat Dicap Partai Sandal Jepit & Preman, Rudy: PDIP Sekarang Berubah

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengakui patainya sempat membuat warga takut dan dicap preman.